Mutasi SIM

Berikut pengalaman saya mutasi SIM dari Jakarta ke Bogor.

Cabut SIM dari Daerah Asal

12 Januari 2012 pagi, saya mengurus mutasi SIM. SIM sebelumnya dikeluarkan di DKI. Berhubung saya sudah pindah domisili ke Cibinong dan sudah tidak punya KTP Jakarta, maka saya harus memperpanjang SIM di propinsi Jawa Barat.

Untuk itu saya pergi ke kantor pembuatan SIM DKI di Daan Mogot Jakarta Barat. Di teras gedung, saya ditanya petugas: "Mau apa?". Saya bilang mau mengurus mutasi ke Bogor. Saya disuruh langsung ke lantai dua bagian mutasi.

Sampai di lantai 2 tidak ada loket yang dimaksud. Lalu saya tanya polisi yang ada. Saya ditunjukkan ke satu loket. Lalu saya datang ke loket sambil menyatakan maksud saya.

Saya diminta menyerahkan SIM yang akan dimutasi, KTP tujuan, dan fotokopi KTP. Kebetulan saya sudah siapkan beberapa lembar fotokopi KTP dan SIM jadi tidak perlu cari tukang fotokopi lagi. Lalu saya disuruh masuk ke ruang tunggu. Kira-kira 30 menit saya dipanggil dan diberi berkas. SIM yang lama dikembalikan lagi ke saya.

Lalu saya disuruh pergi ke ruang arsip. Lagi-lagi tidak tulisan nama ruang yang dimaksud. Jadi saya harus tanya-tanya. Lalu saya segera masuk sebuah ruangan yang ditunjukkan. Saya serahkan berkas sambil mengatakan "Mau mutasi ke Bogor". Lalu saya menunggu sekitar 10 menit. Lalu saya menerima amplop berisi surat pengantar mutasi dari SATPASSIM DKI untuk diserahkan ke Cibinong, Bogor. Lalu saya disuruh mengecek dulu apakah data yang tertulis sudah benar. Disini saya diminta Rp. 50.000,- (saya buat surat mutasi SIM A dan C, jadi mungkin harga satunya Rp. 25.000) tanpa kuitansi. Walaupun SIM yang saya mutasikan ada 2 tetapi surat pengantarnya cuma 1.

Setelah mampir sholat zhuhur di mesjid kompleks Satpassim dan makan ketoprak di pinggir jalan saya segera pulang ke Cibinong.

Mutasi Masuk Ke Daerah Tujuan

Empat hari kemudian saya pergi ke kantor polres Bogor di Cibinong untuk membuat SIM baru.

Saya datangi loket Perpanjangan SIM sambil berkata kepada petugas "Mutasi dari Jakarta" sambil menyerahkan surat pengantar dari Jakarta dan SIM-SIM yang lama. Lalu saya disuruh isi formulir. Karena saya ingin memperpanjang 2 SIM (A dan C) maka saya diberi dua formulir. Karena surat pengantarnya cuma 1 maka petugas minta 1 fotokopinya. Untung saya sudah siapkan sebelumnya. Jadi tidak perlu antri lagi di tukang fotokopi. Setelah formulir saya isi dan segera saya kembalikan ke petugas. Petugas memberikan berkas dalam map lalu menyuruh saya ke bagian pemeriksaan kesehatan.

Petugas memberikan formulir untuk diisi sambil meminta fotokopi KTP. Setelah saya isi, saya serahkan kembali. Biayanya Rp. 20.000 (mungkin 1 SIM Rp. 10.000, karena saya mau bikin 2 SIM jadi kena 20 ribu). Lalu petugas memberi saya surat keterangan sehat sambil berkata fotokopi 1 kali.

Setelah fotokopi, saya serahkan kembali semua berkas ke bagian pendaftaran. Setelah berkas diperiksa saya disuruh bayar ke bank. Saya segera pergi ke loket bank sambil menyerahkan berkas. Setelah menunggu 10 menit saya dipanggil untuk membayar. SIM A Rp. 80.000, SIM C Rp. 75.000.

Lalu saya disuruh tunggu di loket foto. Setelah menyerahkan berkas saya duduk menunggu panggilan. Setelah menunggu sekitar 10 menit. Saya dipanggil untuk foto, pindai (scan) sidik jari, dan membubuhkan tanda tangan. Lalu saya disuruh ke loket asuransi. Biaya asuransi Rp. 30.000. Lalu saya disuruh menunggu hasil produksi kartu SIM.

Setelah menunggu sekitar 20 menit saya dipanggil. Setelah kedua SIM saya terima, saya langsung pulang.

Ringkasan Proses Mutasi SIM:


LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Satpassim DKI Daan Mogot Mutasi serahkan SIM asli + fotokopi, KTP asli + fotokopi. Diberi berkas daftar mutasi. 30 menit 0
Arsip Serahkan berkas. Diberi surat pengantar mutasi untuk daerah tujuan. 30 menit 25.000
Polres Kab. Bogor Pendaftaran SIM Serahkan SIM asli, Surat pengantar mutasi dari daerah asal. Diberi formulir 5 menit 0
Kesehatan Tunjukkan KTP asli, isi formulir 5 menit 10.000
Pendaftaran Serahkan berkas 5 menit 0
Bank Serahkan berkas 10 menit Tergantung jenis SIM
Foto Ambil foto, scan tanda tangan, dan sidik jari 10 menit 0
Asuransi Bayar asuransi 5 menit 30.000
Produksi Tunggu dipanggil, ambil SIM 20 menit 0

4 komentar:

  1. Makasih untuk informasinya... sangat berguna..

    BalasHapus
  2. thans infonya... sangat membantu... sukses selalu

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya..
    sangat membatu,,

    BalasHapus
  4. Terima kasih om... pengalaman jadi ilmu yang bermanfaat..

    BalasHapus