Mutasi dan Balik Nama Mobil

Berikut pengalaman saat memindahkan administrasi mobil milik orang tua dari Jakarta Utara ke Cibinong.

Cek Fisik Bantuan Di Wilayah Tujuan

Berhubung sudah pindah ke Cibinong, maka saya harus memindahkan registrasi mobil sekaligus balik nama karena ortu sudah malas ngurus-ngurus surat-surat mobil.

Karena saya malas bawa mobil ke Jakarta, Selasa 21 Pebruari 2012, saya bawa mobil ke kantor samsat Cibinong. Lalu saya datang ke loket cek fisik untuk minta cek fisik bantuan. Lalu petugas memberi formulir dan stiker gesek sambil menyuruh saya turun ke lokasi cek fisik.

Kemudian saya serahkan formulir tersebut ke petugas gesek. Kami kemudian pergi bersama ke tempat parkir mobil. "Berapa?" tanya saya ke petugas gesek. "Terserah aja pak" jawabnya. Lalu saya kasih Rp. 10.000 karena lokasi nomor mesin agak susah, kotor kena oli, dan mesin masih panas pula.

Setelah itu saya kembali ke loket cek fisik sambil memberikan formulir yang telah diparaf oleh petugas gesek. "Untuk keperluan apa?" tanya petugas loket. Saya jawab "untuk cabut berkas dari Jakarta lalu mutasi masuk ke Bogor". "Kalau begitu difoto aja sekalian, biar nanti pas mutasi masuk nggak perlu cek fisik lagi. Nanti kasih aja tukang fotonya 50 ribu kek" kata petugas loket sambil menyerahkan formulir yang telah diberi cap. "Dimana pak ambil fotonya?" tanya saya lagi. "Ditempat cek fisik tadi" jawab petugas.

Akhirnya saya turun lagi untuk foto mutasi masuk. Oleh petugas foto saya disuruh berdiri disamping mobil yang telah digantungi tulisan "Mutasi Masuk". "Berapa pak?" tanya saya. "Terserah aja?" jawabnya. Lalu saya kasih Rp. 20 ribu. Lalu tukang foto memberi tanda terima kepada saya "Ini diserahkan saat mutasi masuk, mobil nggak perlu dibawa lagi". Setelah memasukkan tanda terima ke dompet, saya langsung pulang.

Cabut Berkas, Mutasi Keluar Daerah

28 Pebruari 2012, sekalian mengambil berkas mutasi sepeda motor yang sudah saya masukkan sebulan sebelumnya, saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Utara untuk memproses mutasi mobil.

Setelah tiba saya langsung ke loket mutasi keluar di lantai 2. "Legalisir dulu cek fisiknya ke loket cek fisik" kata petugas loket. Saya segera turun ke loket cek fisik. Sambil menyerahkan formulir cek fisik bantuan, KTP, dan STNK asli. Setelah menunggu kira-kira 5 menit petugas memanggil nama saya, lalu ia menyerahkan legalisir sambil berkata "30 ribu". Petugas kemudian menerima uang dari saya tanpa menyerahkan kwitansi.

Lalu saya kembali masuk ke gedung utama lantai 2 ke bagian mutasi. Dibagian mutasi saya saya berikan legalisir cek fisik ke petugas bagian mutasi. Lalu saya diberi formulir yang harus diisi. Setelah itu saya disuruh serahkan formulir dan berkas tadi ke bagian input data komputer. Disini diminta fotokopi KTP (domisili tujuan), STNK, dan BPKB masing-masing 2 lembar. Setelah proses input selesai saya diminta bayar Rp. 5000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh menyerahkan berkas ke bagian mutasi lagi.

Setelah menunggu sekitar 15 menit saya dipanggil dan diminta bayar Rp. 325.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya diberitahu bahwa proses menunggu kira-kira 3 pekan. Untuk itu saya diberi tanda terima dan fotokopi STNK & BPKB yang telah dilegalisir untuk dipakai dijalan sebagai pengganti STNK asli. Petugas meminta nomor HP saya sambil mengatakan "Kalau sudah selesai, nanti di-SMS".

Sebulan Kemudian

Sudah lebih dari 3 minggu tapi saya belum dapat SMS dari kantor samsat Jakut. 5 April 2012, kebetulan saat sedang ada keperluan di Jakarta, saya mampir dulu ke kantor samsat untuk menanyakan berkas. "Belum selesai, besok mungkin kelar" jawab petugas di loket mutasi.

Dua hari kemudian

7 April 2012, walaupun belum ada SMS pemberitahuan, saya kembali ke kantor Samsat di Mangga Dua naik kendaraan umum. Saya segera naik ke lantai 2 ke bagian mutasi sambil menyodorkan karcis tanda terima. Lalu saya diberi berkas-berkas dan disuruh naik ke lantai 5 ke bagian Fiskal.

Di bagian fiskal langsung saya serahkan berkas tadi ke loket. "Mas ke loket depan aja, blanko-nya habis" kata petugas loket sambil menunjuk ke loket fiskal Samsat Jakarta Pusat yang kebetulan berada di gedung yang sama. Kira-kira 10 menit menunggu, lalu saya dipanggil. Petugas memberikan berkas sebelumnya ditambah bukti pembayaran fiskal, disini saya tidak diminta uang seperti saat mengurus mutasi motor bulan lalu. Setelah saya bayar, petugas menyuruh saya untuk ke bagian arsip STNK di lantai 1.

Saya segera serahkan berkas ke petugas di bagian arsip STNK. Setelah menunggu 5 menit, petugas menyerahkan berkas sebelumnya ditambah arsip STNK sambil meminta biaya Rp. 10.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh ke Polda Metro Jaya di Komdak Semanggi untuk mengambil arsip BPKB (arsip terselip).

Saya segera ke Semanggi dengan menumpang Busway. Setelah sampai, saya segera ke loket arsip BPKB yang letaknya di bawah gedung Traffic Management Center (TMC) lantai 1. Disana saya segera serahkan semua berkas dari Samsat Jakut ke petugas di loket penerimaan berkas. Petugas segera memeriksa berkas, dokumen yang tidak diperlukan dikembalikan ke saya. Lalu petugas memberi saya karcis tanda terima sambil berkata "Bisa diambil kira-kira 5 hari". Lalu saya pulang.

Ambil Arsip BPKB di Polda Metro Jaya

Sabtu pagi, 14 April 2012, saya pergi lagi ke Polda Metro Jaya. Setelah tiba, saya serahkan ke loket pengambilan. Setelah menunggu 5 menit lalu petugas memanggil dan menyerahkan berkas untuk dibawa ke Cibinong.

Ringkasan Proses Mutasi Keluar:


LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Cibinong Cek Fisik Cek fisik bantuan, serahkan KTP pemilk baru + STNK asli, diberi stiker gesek dan formulir 5 menit 0
Lokasi Gesek Serahkan stiker dan formulir, petugas menggesek nomor kendaraan, foto mutasi masuk 15 menit terserah
Cek Fisik Serahkan hasil gesekan 15 menit 0
Samsat Jakut Cek Fisik Legalisir cek fisik bantuan 5 menit 30.000
Mutasi Keluar Serahkan hasil cek fisik, ktp pemilik baru asli + 2 fotokopi, stnk asli + 2fotokopi, bpkb asli + 2 fotokopi), berkas dikembalikan, disuruh isi formulir 10 menit 0
Input Data Komputer serahkan berkas + formulir yg telah diisi 5 menit 5.000
Mutasi Keluar serahkan berkas, diberi tanda terima, diminta no HP 15 menit 325.000
Tunggu 1 bulan
Samsat Jakut Mutasi Keluar Serahkan tanda terima, ambil berkas 5 menit 0
Fiskal Serahkan berkas 20 menit 0
Arsip STNK Serahkan berkas 5 menit 10.000
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan berkas dari kantor Samsat, diberi tanda terima 10 menit 0
Tunggu 5 hari
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan tanda terima, terima berkas 5 menit 0

Lihat animasi prosedur mutasi keluar (gunakan Firefox/Chrome: klik untuk maju dan klik-kanan untuk mundur) atau cetak PDF nya.

Catatan
Belakangan saya baru tahu bahwa biaya resmi penerbitan surat mutasi keluar daerah adalah Rp 75.000 (lihat foto PP no.50 th 2010 dibagian akhir artikel ini). Jadi biaya Rp. 325.000 itu untuk apa saja ya?

Mutasi Masuk

Kamis 18 April, saya pergi ke kantor Samsat Cibinong. Saya serahkan semua berkas dari Jakarta ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu 10 menit saya dipanggil. Petugas menyerahkan berkas sambil menyuruh saya untuk ke bagian cek fisik.

Saya serahkan berkas ke loket Cek Fisik sambil memberikan tanda terima foto mutasi masuk yang sudah dilakukan sebelumnya, jadi saya tidak perlu lagi melakukan cek fisik. Setelah menunggu kira-kira 5 menit, saya dipanggil petugas. Saya diberi berkas sambil disuruh kembali ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu kira-kira 20 menit petugas memanggil sambil memberikan berkas. "Fotokopi dulu 2 kali" katanya. Saya segera ke konter fotokopi yang ada di lingkungan kantor samsat, ternyata antrinya banyak. Lalu saya pergi ke konter fotokopi diluar. "Bu, tau fotokopi untuk mutasi masuk nggak, karena saya nggak tau apa aja yang harus difotokopi" kata saya ke tukang fotokopi. "Bisa!" katanya.

Setelah selesai saya bayar Rp. 5500 dan segera kembali ke loket mutasi masuk. Selanjutnya saya menunggu lagi. Kira-kira 30 menit kemudian saya dipanggil, petugas menyerahkan berkas, lalu saya disuruh tanda tangan tanda serah terima berkas lalu berkata "Pak, harus ke Bandung untuk minta surat rekomendasi dari Polda Jabar".

Karena sudah punya pengalaman sebelumnya, langsung saja saya bilang "Pak, titip aja ke Bandung, nanti uangnya saya berikan". Lalu saya mencari tempat agak sepi sambil memasukkan uang Rp 200 ribu ke dalam map berkas". Lalu saya masukkan kembali map tersebut ke loket mutasi sambil berkata "Pak, ini saya mau nitip urus surat rekomendasi ke Bandung". Lalu petugas memberi surat keterangan pengganti STNK untuk berkendara. "Oke pak Senin udah bisa diambil" katanya.

Ganti BPKB, STNK, dan Nomor Kendaraan

Sabtu 28 April 2012 saya kembali ke Samsat Cibinong. Saya serahkan surat keterangan ke loket Mutasi Masuk. Setelah 5 menit menunggu saya dipanggil dan diberi berkas. Lalu saya disuruh ke bagian pendaftaran.

Di bagian pendaftaran, berkas dicek. Kira-kira 15 menit petugas memberi saya berkas lalu saya disuruh pergi ke bagian BPKB. Di bagian BPKB saya disuruh mengisi formulir. Lalu saya diminta Rp. 130 ribu (tanpa kwitansi). Petugas kemudian memberi tanda terima sambil berkata "ini untuk mengambil BPKB-nya di Polres, dua minggu lagi, jangan hilang". Lalu petugas menyerahkan berkas sambil menyuruh saya kembali ke bagian pendaftaran.

Di bagian pendaftaran, berkas dicek, lalu saya disuruh minta formulir pendaftaran ke loket formulir. Di loket formulir saya serahkan berkas sambil bilang "Mutasi masuk pak". Lalu saya diberi formulir untuk diisi. Setelah mengisi formulir saya kembalikan ke loket pengembalian formulir, lalu petugas menyurus saya untuk beli map warna merah. Setelah beli, saya serahkan map merah tersebut. Petugas lalu memberi formulir lain sambil berkata "Formulir diisi lalu kembalikan ke loket pendaftaran".

Setelah saya isi, saya segera kembalikan ke petugas pendaftaran. Petugas memberi karcis berisi nomor kendaraan yang baru (kode F) sambil berkata "Silakan duduk, nanti dipanggil".

Sudah banyak orang yang menunggu. Setelah menunggu sekitar 1 jam, saya dipanggil ke loket pembayaran. Ternyata saya kena denda karena sudah lewat 4 hari sejak tanggal kadaluwarsa STNK yang terakhir sebesar Rp. 100 rb. Total biaya yang harus saya bayar Rp. 870.000.

Setelah menunggu 20 menit, saya dipanggil lagi. Petugas memberi saya STNK baru, dan tanda bayar pajak sambil mengatakan "Pelat nomor bisa diambil di bagian produksi TNKB."

Lalu saya pergi ke bagian produksi pelat sambil menyerahkan STNK yang baru. Petugas meminta 1 fotokopi STNK tersebut. Setelah fotokopi STNK saya berikan, saya diminta Rp. 10.000, lalu saya disuruh menunggu. Sekitar 5 menit pelat nomor pun jadi.

Catatan:
Saya tidak kena Biaya Balik Nama karena saat itu Pemprov Jabar sedang menggratiskan BBN.

Ambil BPKB Baru

3 minggu kemudian saya kembali untuk Polres Kab. Bogor (Cibinong) untuk mengambil BPKB. Tanda terima saya serahkan, 5 menit kemudian BPKB baru atas nama saya sendiri bisa saya bawa pulang.

Rangkuman Proses Mutasi Masuk:


LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Cibinong Mutasi Masuk Serahkan berkas 5 menit 0
Cek Fisik Serahkan berkas dan tanda terima foto mutasi masuk 5 menit 0
Mutasi masuk Serahkan berkas 30 menit 0
Konter fotokopi Fotokopi berkas 2x 15 menit 5.500
Mutasi masuk Serahkan berkas + fotokopinya, terima berkas, minta surat rekomendasi dari Polda Jabar (Bandung) 30 menit 0
Titip urus kolektif ke Polda Jabar (Bandung), diberi surat keterangan pengganti STNK 1 menit 200.000
Kurir kolektif berangkat Jumat, Senin sudah bisa diambil
Samsat Cibinong Mutasi masuk Serahkan surat keterangan, ambil berkas 5 menit 0
Pendaftaran Serahkan berkas 20 menit 0
BPKB Serahkan berkas, isi formulir pembuatan BPKB baru, diberi tanda terima untuk ambil BPKB 2 pekan berikutnya di Polres 15 menit 130.000
Formulir Serahkan berkas, diberi formulir, isi formulir, beli map merah 15 menit 1.000
Pendaftaran Serahkan berkas, tunggu dipanggil 1-2 jam 0
Pembayaran Bayar pajak, lalu tunggu dipanggil 30 menit Pajak sesuai kendaaran
Penyerahan STNK & BPKB Ambil STNK baru 5 menit 0
Produksi Pelat Serahkan STNK, ambil pelat nomor 5 menit 10.000
Tunggu 2 pekan
Polres Kab. Bogor Urusan BPKB Serahkan tanda terima, BPKB atas nama pemilik baru bisa dibawa pulang 10 menit 0

Lihat animasi prosedur mutasi masuk (gunakan Firefox/Chrome: klik untuk maju dan klik-kanan untuk mundur) atau cetak PDF nya.

Info Tambahan




17 comments:

  1. ribet amet birokasinya, dibuat susah diminta uang tambahan diluar ketentuan lagi.................ck ck ck

    ReplyDelete
  2. polda= polisi dagang birokrasi, polres = polisi rese, polsek=polisi brengsek 86 lanjut

    ReplyDelete
  3. Setelah lama searching, blog Agan inilah yg paling gamblang menerangkan proses mutasi kendaraan dengan lengkap. Malah dilengkapi estimasi waktu dan biayanya. Salut, terimakasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya tambahkan juga ilustrasi dalam bentuk animasi dan PDF nya.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  4. Super ribet....inilah birokrasi di indonesia

    ReplyDelete
  5. tx. pengalamannya.
    jadi maju mundur nie...jual lagi apa balik nama?

    ReplyDelete
  6. saya juga mau balik nama tapi ada beberapa kendala. mobil tahun 1973
    1. pajak terlambat 1 tahun
    2. warna mobil tidak sama dengan yg di stnk
    3. nomor rangka depannya tidak ada huruf SA sedangkan di stnk ada
    4. nomor mesin kurang angka satu digit
    misal nomor mesin: SA12334567
    nomor di stnk: SA1234567
    jadi kurang angka "3"

    bagi yang sudah pengalaman mohon informasi penyelesaiannya
    terimakasih

    HARTONO
    03171525917

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak menutup kemungkinan itu penipuan Pak.

      Delete
  7. Masih ada juga ya praktek pungli spt itu... klu mslh foto bareng sama kendaraan apa mang peraturannya kaya gitu ya pak... misal tu foto jatuh tau ketuker tau apa aja bs aja terjadi.. ke bagian kriminal Pencurian penggelapan dll... *#@)$&$+@%@-#%..niat mutasi malah jd DPO pak.. Tersangka dan Barang Bukti.. maaf pak bercanda... seandainya saja.. bisa saja kan pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua mungkin terjadi. Tapi yang jelas, perintah foto datang dari petugas di loket mutasi. Kalau saya nggak mau difoto nanti urusan saya nggak selesai-selesai. Tidak ada pilihan lain.

      Delete
  8. pak muyanto boleh tanya, itu surat rekomendasi polda jabar ada contohnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, waktu itu saya tidak ada pikiran untuk memotret surat tsb.

      Delete
  9. BPKB mbil sya blm ada,msh pke nm pmilik 1..kmarin ngbrol dgn pihk leasing meminta anggaran 3,5-4 jt mutasi dr jak ke kab bogor!!

    ReplyDelete
  10. Trimakasih atas blognya yg sangat bermanfaat mas, sy jg mw mutasi kndaraan dr jkrta k bogor, duh...ribet betl ya...jd mikir bwt jual aj, trus ntr beli bru pkai ktp bogor..huh

    ReplyDelete
  11. gan, mau minta pendapat sama solusi kalo berkenan nih.

    pada tanggal 24 juni kmaren ane ngurusin balik nama di samsat tangsel. ane ngurus dari awal sampe jadi plat mobilnya sendiri. tinggal ganti nama di bpkb. pas ane bayar di loket pembayaran, polisi yg di dalem loket nawarin jasa ngurus balik nama ngomongnya kolektif gitu tarifnya 200rb dan 3 minggu beres. berhubung ane kerja di bandung, ane harus cepet2 balik bandung dan pada saat itu ane ga sempet ke polda metro jaya buat ngurus ganti nama di bpkb. akhirnya ane terima tawaran polisi itu. ane ngasih uang berikut nomer ane dan polisi itu juga ngasih nomer dia ditulis di kwitansi pembayaran pajak. katanya kalo beres ane langsung di kabarin. sampai kmaren jumat ane belum dapet kabar lalu ane telfon polisi itu. katanya di poldanya lambat. nah setau ane kalo bpkb lama kan cuman sekedar nulis ganti nama aja kan di bpkbnya tanpa harus ganti bpkb baru. nah ane minta pencerahannya gan. ane bingung banget sampe sekarang ane harus ngapain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya dlm kondisi ini, spt nya saya tdk punya pilihan selain kontak terus dgn petugas tsb. Krn semua surat2 sdh diserahkan ke dia. Ada yg punya pengalaman spt ini? Silakan dibagi.

      Delete
  12. Itulah mengapa sampai saat ini saya rela berkorban waktu. Saya tahu nitip berkas-berkas penting seperti ini sangat beresiko. Bagi para calo (siapapun itu) hilangnya berkas kita bukan masalah yang berarti bagi mereka. Karna sudah di himbau dari pihak kepolisian (hindari berhubungan dengan calo).

    ReplyDelete