Mutasi Sepeda Motor

Berikut pengalaman saat memindahkan administrasi sepeda motor dari Jakarta Utara ke Cibinong.

Cabut Berkas, Mutasi Keluar Daerah

8 Februari 2012, saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Utara yang berlokasi di seberang Mangga Dua Square mengendarai motor yang akan saya mutasikan.

Saya sampai di lokasi sekitar pukul 9, motor langsung parkir di lokasi Cek Fisik. Saya mampir dulu ke loket, saya bilang "Mau mutasi ke Bogor pak". Petugas meminta KTP asli, STNK asli, dan BPKB asli lalu memberikan formulir dan stiker untuk gesek nomor mesin/rangka.

Formulir dan stiker saya serahkan ke petugas gesek. Petugas segera menggesek nomor rangka dan mesin lalu menempelkan stiker gesek ke formulir sambil membubuhkan parafnya. 1 menit selesai. Saya tanya ongkosnya, petugas menjawab "Terserah aja pak". Lalu saya berikan Rp. 4.000.

Setelah itu hasil gesek saya kembalikan ke loket pertama lalu saya duduk sambil menunggu proses verifikasi oleh petugas di loket. Kira-kira 5 menit kemudian saya dipanggil. Hasil cek fisik diserahkan sambil diminta biaya Rp. 30.000. Saya segera bayar, tidak ada kuitansi yang diberikan ke saya. Lalu saya disuruh masuk ke gedung utama lantai 2 ke bagian mutasi.

Dibagian mutasi saya berikan berkas dari petugas cek fisik ke petugas bagian mutasi. Lalu saya diberi formulir yang harus diisi. Setelah itu saya disuruh serahkan formulir dan berkas tadi ke bagian input data komputer. Disini diminta fotokopi KTP (domisili tujuan), STNK, dan BPKB masing-masing 2 lembar. Setelah proses input selesai saya diminta bayar Rp. 5000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh menyerahkan berkas ke bagian mutasi lagi.

Setelah menunggu sekitar 15 menit saya dipanggil dan diminta bayar Rp. 325.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya diberitahu bahwa proses menunggu kira-kira 3 pekan. Untuk itu saya diberi tanda terima dan fotokopi STNK & BPKB yang telah dilegalisir untuk dipakai dijalan sebagai pengganti STNK asli. Petugas meminta nomor HP saya sambil mengatakan "Kalau sudah selesai, nanti di-SMS".

Saat itu kira-kira jam 11. Setelah duduk sebentar lalu saya pulang.

Tiga Pekan Kemudian

Sekitar 3 pekan kemudian saya menerima SMS bahwa proses cabut berkas kendaraan sudah selesai.

Selasa, 28 Pebruari saya kembali ke kantor Samsat di Mangga Dua naik kendaraan umum. Saya segera naik ke lantai 2 ke bagian mutasi sambil menyodorkan karcis tanda terima. Lalu saya diberi berkas-berkas dan disuruh naik ke lantai 5 ke bagian Fiskal.

Di bagian fiskal langsung saya serahkan berkas tadi ke loket. Kira-kira 10 menit menunggu, lalu saya dipanggil. Petugas memberikan berkas sebelumnya ditambah bukti pembayaran fiskal sambil meminta uang Rp. 10.000 (tanpa kuitansi). Setelah saya bayar, petugas menyuruh saya untuk ke bagian arsip STNK di lantai 1.

Saya segera serahkan berkas ke petugas di bagian arsip STNK. Setelah menunggu 5 menit, petugas menyerahkan berkas sebelumnya ditambah arsip STNK sambil meminta biaya Rp. 10.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh ke Polda Metro Jaya di Komdak Semanggi untuk mengambil arsip BPKB (arsip terselip).

Saya segera ke Semanggi dengan menumpang Busway. Setelah sampai, saya segera ke loket arsip BPKB yang letaknya di bawah gedung Traffic Management Center (TMC) lantai 1. Disana saya segera serahkan semua berkas dari Samsat Jakut ke petugas di loket penerimaan berkas. Petugas segera memeriksa berkas, dokumen yang tidak diperlukan dikembalikan ke saya. Lalu petugas memberi saya karcis tanda terima sambil berkata "Bisa diambil kira-kira 5 hari". Lalu saya pulang.

Ambil Arsip BPKB di Polda Metro Jaya

Sabtu pagi, 3 Maret, saya pergi lagi ke Polda Metro Jaya. Setelah tiba, saya serahkan ke loket pengambilan. Setelah menunggu 5 menit lalu petugas memanggil dan menyerahkan berkas untuk dibawa ke Cibinong.

Ringkasan Proses Mutasi Keluar:

LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Jakut Cek Fisik Serahkan KTP & STNK Asli 5 menit 30.000
Mutasi Keluar Serahkan hasil cek fisik, ktp asli + 2 fotokopi, stnk asli + 2fotokopi,
bpkb asli + 2 fotokopi, berkas dikembalikan, disuruh isi formulir
1 menit 0
Input Data Komputer Serahkan berkas 1 menit 5.000
Mutasi Keluar Serahkan berkas, diberi tanda terima, diminta no HP 5 menit 325.000
Tunggu SMS +/- 3 pekan
Samsat Jakut Mutasi Keluar Serahkan tanda terima 1 menit 0
Fiskal Serahkan berkas 10 menit 10.000
Arsip STNK Serahkan berkas 5 menit 10.000
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan berkas dari Samsat, diberi tanda terima 5 menit 0
Tunggu 5 hari
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan tanda terima,
diberi berkas
5 menit 0

Lihat animasi prosedur mutasi keluar (gunakan Firefox/Chrome: klik untuk maju dan klik-kanan untuk mundur) atau cetak PDF nya.

Catatan
Belakangan saya baru tahu bahwa biaya resmi penerbitan surat mutasi keluar adalah Rp 75.000 (lihat foto PP no.50 th 2010 dibagian akhir artikel ini). Jadi biaya sebesar Rp. 325.000 itu untuk apa saja ya?

Mutasi Masuk

Sabtu 10 Maret, saya pergi ke kantor Samsat Cibinong. Saya serahkan semua berkas dari Jakarta ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu 10 menit saya dipanggil. Petugas menyerahkan berkas sambil menyuruh saya untuk ke bagian cek fisik.

Saya serahkan berkas ke loket Cek Fisik. Petugas segera memberi formulir dan stiker gesek sambil menyuruh saya untuk gesek nomor mesin/rangka dan foto.

Saya turun ke lokasi gesek. Setelah petugas menggesek, petugas lain memasang tanda "MUTASI MASUK" di motor saya. Saya disuruh berdiri di samping motor, lalu petugas mengambil foto kami. Petugas foto lalu memberikan karcis tanda foto sambil bilang "Terserah mau ngasih berapa". Lalu saya beri petugas gesek Rp. 5000 dan petugas foto Rp. 5000. Lalu saya kembali ke loket Cek Fisik sambil memberikan hasil gesekan dan karcis foto.

Setelah menunggu kira-kira 5 menit, saya dipanggil petugas. Saya diberi berkas sambil disuruh kembali ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu kira-kira 20 menit petugas memanggil sambil memberikan berkas. "Fotokopi dulu" katanya. Saya segera ke konter fotokopi yang ada di lingkungan kantor samsat. "Fotokopi mas, untuk mutasi masuk" kata saya ke tukang fotokopi.

Rupanya dia sudah mengerti apa yang harus difotokopi. Setelah selesai saya bayar Rp. 5500 dan segera kembali ke loket mutasi masuk. Selanjutnya saya menunggu lagi. Kira-kira 30 menit kemudian saya dipanggil, petugas menyerahkan berkas, lalu saya disuruh tanda tangan tanda serah terima berkas lalu berkata "Pak, harus ke Bandung untuk minta surat rekomendasi dari Polda Jabar". Lho kok?!?!?!

Ternyata sejak 5 Januari 2012 ada peraturan baru bahwa untuk mutasi masuk ke wilayah Polda Jabar harus mendapatkan surat rekomendasi dari Polda Jabar. Untuk itu pemohon harus pergi ke kantor Samsat Kota Bandung.

Repot banget sih! Sambil bingung dan bengong, saya coba ngobrol dengan orang-orang yang senasib. Akhirnya saya dapat informasi bahwa saya bisa titip berkas untuk minta surat rekomendasi dari Bandung dengan cara kolektif, tarifnya Rp. 200.000. Saya pikir, daripada pergi sendiri ke Bandung, ongkosnya juga sama, dan capek, buang waktu, ya sudah saya bayar deh.

Setelah bayar, saya diberi surat keterangan pengganti STNK untuk berkendara di jalan. Saya disuruh kembali dua Senin yang akan datang (bukan senin depan, karena kurir yang akan ke Bandung berangkat setiap Jumat malam, jadi berkas saya baru dibawa Jumat depan, dan baru selesai Senin berikutnya).

Ganti STNK dan Nomor Kendaraan

Sabtu 24 Maret 2012 saya kembali ke Samsat Cibinong. Saya serahkan surat keterangan ke loket Mutasi Masuk. Setelah 5 menit menunggu saya dipanggil dan diberi berkas. Lalu saya disuruh ke bagian pendaftaran.

Di bagian pendaftaran, berkas dicek, lalu saya disuruh minta formulir pendaftaran ke loket formulir. Di loket formulir saya serahkan berkas sambil bilang "Mutasi masuk pak". Lalu saya diberi formulir untuk diisi. Setelah mengisi formulir saya kembalikan ke loket pengembalian formulir, lalu petugas menyurus saya untuk beli map warna kuning. Setelah beli, saya serahkan map kuning tersebut. Petugas lalu memberi formulir lain sambil berkata "Formulir diisi lalu kembalikan ke loket pendaftaran".

Setelah saya isi, saya segera kembalikan ke petugas pendaftaran. Petugas memberi karcis berisi nomor kendaraan yang baru (kode F) sambil berkata "Silakan duduk, nanti dipanggil".

Sudah banyak orang yang menunggu. Setelah menunggu sekitar 1 jam, saya dipanggil ke loket pembayaran. Ternyata saya kena denda karena sudah lewat 4 hari sejak tanggal kadaluwarsa STNK yang terakhir sebesar Rp. 32rb. Total biaya yang harus saya bayar Rp. 350.500.

Setelah menunggu 20 menit, saya dipanggil. Petugas memberi saya BPKB, STNK baru, dan tanda bayar pajak sambil menyuruh saya "Fotokopi STNK yang baru 1x lalu kembali kesini". Setelah fotokopi saya serahkan kembali petugas memberi cap lalu mengatakan "Pelat nomor bisa diambil di bagian produksi TNKB, setelah itu serahkan BPKB dan fotokopi STNK bercap ini ke Polres di bagian BPKB untuk dilegalisir".

Lalu saya pergi ke bagian produksi pelat sambil menyerahkan STNK yang baru. Petugas meminta 1 fotokopi STNK tersebut. Setelah fotokopi STNK saya berikan, saya diminta Rp. 5000, lalu saya disuruh menunggu. Sekitar 5 menit pelat nomor pun jadi.

Legalisir BPKB

Sebelum pulang saya pergi dulu ke Polres Cibinong. Di bagian BPKB, saya serahkan BPKB dan fotokopi STNK yang telah diberi cap untuk dilegalisir. Petugas meminta biaya Rp 35.000. Setelah saya bayar petugas memberi tanda terima dan mengatakan "Silakan kembali 5 hari lagi".

Seminggu kemudian saya kembali untuk Polres Kab. Bogor (Cibinong) untuk mengambil BPKB. Tanda terima saya serahkan, 5 menit kemudian BPKB bisa saya bawa pulang.

Rangkuman Proses Mutasi Masuk:

LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Cibinong Mutasi Masuk Serahkan berkas dari daerah asal 5 menit 0
Cek Fisik Serahkan berkas, diberi stiker gesek dan formulir 1 menit 0
Lokasi Gesek Serahkan stiker gesek dan formulir, petugas menggesek noka dan nosin, foto mutasi masuk 5 menit terserah
Cek Fisik Serahkan hasil cek fisik 5 menit 0
Mutasi Masuk Serahkan berkas 15 menit 0
Fotokopi Fotokopi berkas mutasi masuk 10 menit 5.500
Mutasi Masuk Serahkan berkas + fotokopinya, terima berkas, minta surat rekomendasi dari Polda Jabar 30 menit 0
Titip urus kolektif ke Polda Jabar (Bandung) , diberi surat keterangan pengganti STNK 1 menit 200.000
Kurir kolektif berangkat Jumat, Senin sudah bisa diambil
Samsat Cibinong Mutasi Masuk Serahkan surat keterangan, ambil berkas 5 menit 0
Pendaftaran Serahkan berkas 15 menit 0
Formulir Serahkan berkas, mengisi formulir, beli map kuning 5 menit 1.000
Pendaftaran Serahkan berkas, tunggu dipanggil 1-2 jam 0
Pembayaran Bayar, lalu tunggu dipanggil 30 menit Pajak sesuai kendaraan
Penyerahan STNK + BPKB Ambil STNK baru + BPKB 5 menit 0
Tukang Fotokopi Fotokopi STNK baru 5 menit 500
Penyerahan STNK & BPKB Legalisir STNK 5 menit 0
Produksi Pelat Serahkan STNK, ambil pelat nomor 10 menit 5.000
Polres Kab Bogor Urusan BPKB Serahkan BPKB dan legalisir STNK, diberi tanda terima 10 menit 35.000
Tunggu 5 hari
Polres Kab Bogor Urusan BPKB Serahkan tanda terima, BPKB bisa dibawa pulang 10 menit 0

Lihat animasi prosedur mutasi masuk (gunakan Firefox/Chrome: klik untuk maju dan klik-kanan untuk mundur) atau cetak PDF nya.

Info Tambahan




70 comments:

  1. Ribet ya broo,ada kebijakan aneh juga rekomendasi ga jelas menyusahkan saja.

    ReplyDelete
  2. Ini pemalakan namanya. FYI mutasi keluar hanya kena 75ribu+5rb infaq buat petugan cek fisik. Itu sudah semuanya dan bisa kelar 1 hari

    ReplyDelete
  3. betul kata bang deddy.
    Samsat bogor mah sarang tikus cuy.
    musti dibasmi tuh.

    terlalu ribet.

    ReplyDelete
  4. Dasar biadab, udah sekolahnya gak bener, nyari kerja gak bener, nyari duit jg gak bener. Mereka pikir yg gaji mereka tuh siapa?

    ReplyDelete
  5. berkas untuk mutasi masuk dan keluar itu apa saja? mohon diringkas boss, saya agak berputar-putar bacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkas-berkas dari polisi banyak banget, saya juga tidak mencatatnya satu persatu, yang penting kita sudah siapkan KTP asli+fotokopi, STNK asli+fotokopi, dan BPKB asli+fotokopi.

      Nanti seiring dengan selesainya satu proses maka polisi akan memberikan setumpuk berkas dalam map. Berkas itulah yang akan diserahkan di proses-proses berikutnya.

      Kalau bingung baca ceritanya, lihat saja tabel rangkuman proses yang sudah saya buat di artikel ini.

      Kalau masih ribet juga, ya memang begitulah rasanya ngurus sendiri di kantor polisi ... dinikmati saja ;-)

      Delete
  6. ribet bgt... mungkin saling berbagi dosa.. sumpahin aja tuh.. semoga kehidupan keluarganya ribet jga... pantesan perutny buncit2.. kelebihan polisi ap sih selain memeras dan mempersulit rakyat.. merdeka..

    ReplyDelete
  7. Mas Nuke ini Sabar sekali. Semoga keberkahan untuk Anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa iyyakum, semoga keberkahan untuk Anda juga.

      Delete
  8. tadi pagi saya mau urus mutasi masuk dari depok ke bogor kota, katanya kena 1.040.000, mentang2 motornya tiger. trus petugas tanya sebelumnya udah pernah urus blom,saya jawab udah pernah,dan cuma kena 400ribu. seudah itu dia bilang,ini cuma 'estimasi' saja. bener2 keparat dah orang2 seperti mereka,udah dikasih amanah malah disalahgunakan.

    ReplyDelete
  9. gan bisa bantu ane gak,,, minta informasinya barangkali ada yang tahu.. untuk mutasi kab bogor ke kota bogor tu biayanya berapa (ngurus sendiri) berapa lama.?? thank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa prosedurnya tidak terlalu berbeda dengan yang saya alami.

      Untuk biaya sepertinya tidak semahal kalau pindah dari Jakarta. Lagian karena masih dalam lingkungan polda Jabar, tidak diperlukan surat rekomendasi.

      Soal waktu saya kira 1 hari untuk urus cabut berkas (mutasi keluar) di samsat kabupaten dan 1 hari untuk mutasi masuk di samsat kota.

      Delete
  10. mas saya kemaren sabtu (16-02-2013)baru cek fisik aja dah dimintain 20rebu.tuh petugas maksa lagi.ntr ane mo kelarin urusan dulu aja deh soalnya mau ke loket formulir dah tutup biar kalo udah selesai mau ane curhatin di koran kompas biar kagak ada lagi pungli2 biar tuh polisi ahli neraka pada nyaho semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banget sama di KPPN ya, bendahara datang bawa SPM bisa langsung bawa SP2D, bank langsung transfer ke rekening hari itu jg, biaya cuma Rp0,-

      Delete
    2. ia om yg budiman. bener tuh. KPPN sdh tdk sperti itu. mungkin memang dulu sperti itu. tp skrg berbeda. tanpa pungli. kenapa di samsat masih seperti itu yaa...?
      biar sang pencipta yang membalas. amieeen...

      Delete
  11. Saya berharap, ke depannya administrasi lebih praktis dan ekonomis ...

    ReplyDelete
  12. sya jg mau ngurus mutasi jg dari mataram ke jakarta, mutasi keluar biayanya 350 ribu ditambah pajak 200 rb krn sdh waktunya byr, untuk mutasi masuk td saya telp ke petugas piket samsat jakarta katanya tidak ada biaya untuk pengurusan mutasi, mungkin betul aturannya spt itu, tapi kenyataan di lapangan sering berbeda, seperti pengalaman mas nuke semua biaya tidak ada kuitansinya, jd memang seharusnya tidak ada biaya

    ReplyDelete
  13. tgl 26-03-2013 kmrn saya bayar pajak sepeda motor di samsat kota tangerang dan tanya biaya mutasi sepeda motor dari kota tangerang ke kab. purworejo, jawa tengah kata petugasnya biaya cabut berkas Rp 350.000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti hampir sama dengan yang saya alami. Biaya mutasi keluar dari Jakarta Utara yang saya bayar 325rb (belum termasuk cek fisik 30rb dan pungli di tiap loket).

      Delete
  14. Saya cabut berkas di samsat depok dimintain 350rb tanpa kwitansi, katanya buat ngurus ke polda Metro segala. Kasih jawaban aneh2 n berlagak bloon. Ada temennya polisi yg ngerangkap calo datang n ikut nimbrung memang gak ada kwitansi. Jijik bener liat orang yang gak tau malu malakin bangsanya sendiri. Ngasih makan anak istri pake duit haram, naudzubillah...

    ReplyDelete
  15. MAU NANYA MAS.! UNTUK KTP CABUT BERKAS ALAMAT NYA HARUS SAMA NGGAK SAMA ALAMAT STNK.masalahnya saya beli motor second mio,rencana mau saya mutasikan dari samsat cikarang ke samsat kab.pekalongan.makasih mas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP yang digunakan adalah KTP dengan alamat yang baru (alamat tujuan pindah). Kalau anda beli motor dari seseorang, maka yang digunakan adalah KTP anda, bukan KTP pemilik asal (penjual). Jadi dalam kasus anda, gunakanlah KTP anda yang beralamat di Pekalongan.

      Delete
    2. Mas gini saya mau mutasi dr jogja ke bandung.soalny ktp saya bandung.tpi motor saya lagi d jakarta sekarang..kan ada cek fisik lagi di bandungny,,,itu motor harus saya bawa ke bandung lagi?

      Delete
    3. Bawa aja motornya ke Samsat di Jakarta, trus minta cek fisik bantuan. Nanti berkas itu dibawa ke bandung, trus dilegalisir di loket cek fisik.

      Kayaknya sih motornya tidak perlu dibawa ke Bandung. Cukup pake cek fisik bantuan itu saja. Tapi supaya lebih pasti silakan tanya ke petugas saat cek fisik bantuan di Jakarta.

      Delete
  16. saya barusan ngurus mutasi keluar samsat jakarta barat dimintain 325rebu ditanya kwitansi nggak ada kwitansi katanya, cek fisiknya saya di polda metro jaya, masuknya cek fisik bantuan, gak ada biaya sebenernya tapi saya yang ngasih 5000 ke petugas cek fisiknya soalnya saya tanya2 prosesnya...
    proses berikutnya masih menunggu...
    thanks infonya.. pas banget buat saya yang lagi galau ngurus mutasi motor haha...

    ReplyDelete
  17. baru aja tadi saya urus mutasi masuk di samsat cibinong, ketika sudah mencapai proses rekomendasi berkas polda jabar 'saya tdk tau klw ternyata bsa kolektifan kya gitu dgn byr 200rb. terpaksa saya pulang' dan baca artikel ini ternyata bsa kolektif tanpa harus kita bolak-balik polda jabar bandung. proses sekarang emg ribet dan seakan lama dipersulit masbro. (tulisan di dinding2 samsat byk yg menyebutkan 'CALO DILARANG MASUK' boong banget, tadi pagi aja yg seliweran bolak-balik orang dalem byk banget, seakan jalur murni perorangan terhambat waktu lama akan hadirnya calo. CALO EMANG BERENGSEK.

    thx info artikelnya sangat membantu mas bro. salam kenal

    ReplyDelete
  18. Mau tanya sebenarnya proses pencabutan berkas untuk keperluan mutasi tuh paling lama berapa hari?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau ditanya "sebenarnya" saya juga tidak tahu. Karena tidak ada informasi resmi dari kantor Samsat. Tapi kenyataannya, seperti yg sudah saya tulis di artikel ini, saya harus menunggu 1 bulan.

      Delete
  19. Perihal ada surat rekomendasi dari Samsat Jabar, anda ditipu mentah-mentah.

    Barusan saya telfon samsat kab.bekasi, karena saya ada rencana mutasi masuk motor ke wilayah jabar dari jakarta, saya telfon di nomor (021) 89109169, beliau bilang tidak ada yang namanya surat rekomendasi dari Polda Jabar...

    Terimakasih untuk artikel ini, pelajaran yang didapat, baiknya sebelum kita mutasi, kita coba kroscek via telfon dulu kebenarannya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini informasi menarik. Saya baru tambahkan di artikel ini foto peraturan yang ditempel di depan loket mutasi samsat Cibinong yang sudah lama saya jepret tapi belum sempat saya upload. Isinya jelas tentang rekomendasi dari Polda Jabar.

      Mungkin ada kebijakan yang berbeda di Bekasi. Atau aturannya sudah berubah. Atau kalau memang benar penipuan, mudah-mudahan cuma saya yang tertipu.

      Delete
    2. Mungkin begini mas bro.. kalo bekasi polda nya masih polda jaya, plat nya juga masih letter B Dan untuk bogor polda nya sudah polda jabar plat nya pakai letter F jadi pindah polda gitu, kalo jabotabek masuk polda metro jaya..

      Delete
    3. Iya juga pak Edi ... nggak kepikir oleh saya. Bekasi kan platnya B juga ya ...

      Delete
  20. mas,gimana nih..motor sya kan beli second.pemiliknya dri kabupaten takalar,sulsel..trus sya pakainya di makassar.trus sya mau mutasi ke gorontalo.katanya cabut berkas tuh sya harus ke samsat takalar.pdahal jauh banget makassar-takalar.bisa gak di urus dari samsat makassar??kira2 biayanya berapa ya??trus nunggunya brapa lama??

    jawabannya sangat d harapkan..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yang saya tahu, yang namanya cabut berkas ya harus dari daerah asal, karena kan berkasnya ada disana. Kalau tidak mau repot, bisa juga gunakan biro jasa. Untuk waktu dan biaya silakan dikira-kira sendiri berdasarkan pengalaman yang saya tulis diatas.

      Bagi yang sudah pernah mengurus di Gorontalo atau Sulsel silakan dibagi pengalamannya.

      Delete
    2. kalo pngalaman mas,biasanya biro jasa kayak gitu di dpat drimana??apakah dri pihak dalam samsat atau??
      soalnya sya d mkassar cma sendiri.hehe

      Delete
    3. Maksud saya biro jasa swasta. Coba cari iklan mereka di surat kabar atau media online lokal. Nantinya mereka mewakili anda dalam hal cabut berkas kendaraan anda. Biasanya mereka pasang tarif. Jadi anda tinggal serahkan semua dokumen yang dibutuhkan kepada mereka. Biayanya jelas lebih mahal dibandingkan dengan mengurus sendiri.

      Delete
  21. aku mau mutasi motor jadi mikir 100000000 kali. motorku Blat B Pajak mati 4 tahun Tiger 2008 Mau mutasi ke Malang Jawa timur Bisa kenak banyak kali ya mending di matiin terus saja dari pada bayar pajak yang duitnya buat makan garangan-garangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, pilihannya unik juga mas Agus. Salam.

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cjap jempol gajah buat cak agus prianto....

      Delete
  23. Sebenarnya saya juga mau mutasi motor dari bekasi ke gunung putri, tetapi setelah baca, kalo urus sendiri sangat ribet sekali dan perlu waktu bolak-balik ke samsat. Hari ini saya coba pergi ke biro jasa untuk menayakan biaya pengurusan mutasi sampai beres.., dan pihak biro jasa memberikan harga Rp. 1,1 juta untuk pengurusan sampai beres di luar pajak kendaraan bermotor sebesar Rp. 235 ribu..

    ReplyDelete
  24. sama seperti yg saya alami...
    bulan ini saya mutasi dari cirebon ke semarang kena biaya Rp.350rb,itu juga bayarnya ke loket,lalu disuruh tunggu 2mingguan nanti katanya kita dapat pemberitahuan melalui sms/telp.
    untuk selanjutnya belum tau apa ada biaya banyak lagikah???karena ini masih nunggu berkas2nya.semoga saja tidak membengkak...

    ReplyDelete
  25. Tugas berat kapolri yang baru, membersihkan rumahnya dari pungli, pungli, pungli dan pungli. Permintaan uang tanpa diberikan kwitansi adalah pungli. Ayo kapolri buktikan dirimu pemimpin yang bersih sehingga bisa membersihkan samsat-samsat yang kotor.

    ReplyDelete
  26. wah,, jadi mikir lagi ni mau mutasi motor dari jakarta ke Rembang Jawa Tengah.. memang benar2 rusak ni negara.

    kalo ada kantor yang banyak sepanduk "ANTI PUNGLI DAN CALO" justru disitu lah sarang calo dan pungli.. samsat, Lapas dan kantor Imigrasi..

    ReplyDelete
  27. mas nuke terima kasih info nya, sy lagi galau mo mutasi masuk motor ke cibinong dari jaktim, biaya biro jasa mahal bgt minta 900 rebu, waktu mutasi keluar aja minta 750 rebu, merasa di rampok ama biro jasa......jadi ingin urus sendiri tapi pernah ngurus bayar pajak stnk di puter2 di jakarta jadi parno juga.....mendapat informasi ini jadi lebih paham.......semoga lancar....

    ReplyDelete
  28. wes angel, suwe, biaya rak jelas, piye ki?

    ReplyDelete
  29. nice info nie..ane ada rencana mutasi motor dari depok ke kudus jawa tengah..cm masalah nya STNK nya hilang ..bagaaimana ini...untuk masalah cek fisik apakah bisa cek fisik bantuan dari kudus..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini, yang saya tahu, cek fisik bantuan bisa dilakukan dimana saja.

      Delete
    2. Kalau STNK hilang, sepertinya akan repot, karena harus urus kehilangan STNK dulu.

      Delete
  30. Hallo mass nuke saya jhoni.mau tanya neh saya punya rencana pingin mutasi motor saya dari pulao bali ke cilacap jawa tengah.. bagimana caranya ea...?
    Apa kira2 sampai 3.juta dan apa persaratan lengkapnya....yg saya punya cuman bpkb dn stnk asli...saya tdk punya ktp pemilik motor aslinya(cos saya beli motor bekas)..tolong beri saya pnjelasan dan sarat2 nya bagaimana...trmksih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Jhoni, secara singkat kira-kira langkahnya begini:

      1. Jika motor sudah berada di Cilacap minta bantuan cek fisik bantuan di samsat Cilacap. Jika motor masih di Bali, lewati langkah ini.
      2. Pergi ke samsat di Bali, lalu lakukan proses mutasi keluar dengan membawa BPKB asli, STNK asli, KTP asli (dgn alamat anda di Cilacap). KTP pemillik asal tidak diperlukan.
      3. Tunggu sampai anda mendapatkan berkas motor anda (mungkin bisa sampai sebulan).
      4. Setelah anda mendapatkan semua berkas mutasi keluar, pergi ke samsat di Cilacap. Lakukan proses mutasi masuk.
      5. Ikuti semua prosedur sampai keluar STNK baru (nopol Cilacap)
      6. Mungkin petugas juga akan menyuruh untuk melakukan proses arsip BPKB di polres Cilacap. Mungkin anda perlu menunggu beberapa hari sampai BPKB bisa anda ambil dari polres.
      7. Selesai

      Untuk detilnya silakan baca cerita saya diatas atau ikuti ilustrasi prosedur yang bisa anda unduh di artikel saya ini (format .pdf)

      Delete
    2. Kalau soal biaya, saya tidak tahu tarif mutasi sekarang. Tapi rasanya tidak sampai 1 juta. Kalau ditambah pajak dan ongkos Bali-Cilacap mungkin habis juga 3jt.

      Delete
  31. ikut tanya mas nuke, klo cek fisik bantuan apa perlu bawa bpkb asli? trims bantuannya

    ReplyDelete
  32. Pak nuke, saya mau tanya dlu waktu cabut berkas, stnk, bpkp dan ktp di masukan dalam map warna apa? Sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas tidak pakai map seperti saat perpanjangan STNK tiap tahun.

      Delete
  33. mas ane mau cbut berkas tp mtorx gak ada di jakarta. udah trlanjur krim ke kupang NTT. ane tgal di kupang .trs mtorx itu dlu ane beli dr org jd ane ini tgan ke 2. kira2 bs kgak ane urusx ?? jgn2 ribet lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor tidak usah dikirim ke Jakarta. Cukup minta cek fisik bantuan di Kupang. Nah, hasil cek fisik bantuan itu yang dibawa ke Jakarta untuk proses cabut berkas. KTP yang dipakai adalah KTP anda yang di Kupang, bukan KTP pemilik asal.

      Delete
  34. Nitip share Pak, biaya resmi Penerbitan Surat Mutasi ke Luar Daerah = 75rb, ada di PP no 50 th 2010. Ini link nya = http://www.anggaran.depkeu.go.id/peraturan/PP%2050%20-%202010%20-%20Polri.pdf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sama seperti foto di bagian akhir artikel ini.

      Delete
  35. Share donk om... kalau cabut berkas yang dipakai semua kartu identitas asli kita (ktp asli) ya, yang ingin saya tanyakan itu sudah otomatis balik nama atau belum ya untuk STNK dan BPKB nya ? atau itu beda proses lagi untuk balik namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, KTP asli. Nanti saat mutasi masuk otomatis digunakan utk balik nama.

      Delete
  36. Kalau cabut berkas harus pakai KTP asli ya?
    saya mau cabut berkas ke Blitar dari Bulukumba, tapi motornya ada di Makassar, kalau mau cek fisij bantun apa harus ada BPKB asli?, krn BPKB asli ada di Bulukumba, dan KTP saya itu KTP bulukumba. itu gmana ya Om?

    ReplyDelete
  37. karena repot gitu lah mas..jadinya aq ga mau urus, biarin aja lahh.bukan ga mau loh mas..dari pengalaman mas aja,aq dah capex bayangin nya.mudah-mudahan samsat di seluruh indonesia bs bersatu jd kinerjanya lbh mempermudah utk masyarakat, masa kita niat baik,mau urus dan bayar pajak kendaraan kita, kok malah di buat susah, bolak balik gitu..padahal teknologi sudah cukup canggih bs input/output data secara online dan cepat..ini msh manual aja sih pak samsat..saran aq sih,klo mau mutasi kendaraan klo msh di wilayah NKRI,cukup lah diurus di kantor samsat dmana kendaraan itu beroperasi..jgn ada lg istilah cabut berkas dari "kantor samsat asal kendaraan"..kan sama2 samsat..

    ReplyDelete
  38. maaf pak mohon penjelasannya . . .saya ingin mutasi balik nama dari salatiga ke pekalongan kira kira biaya keseluruhannya brapa ya pak ?? dan kira" brapa lama STNK dan BPKP motor itu menjadi atas nama saya di kota pekalongan . . .Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkiraan biaya dan lama waktu bisa diperhitungkan dari tabel yang saya buat diatas.

      Delete
  39. mas nuke kwitansi pembelian kl ga ada kita bisa ngarang sendiri yah sy beli seken plat bekasi mo sy mutasi ke surabaya thx atas infonya

    ReplyDelete
  40. 2 hari yg lalu saya ngurus mutasi motor saya dr bogor kota ke bogor kabupaten (samsat cibinong)... kalo saya ceritain lengkap cerita nya terlalu panjang, singkatnya saja lah, total biaya 888.000 dgn rincian 476.000 berkuitansi dan sisa nya pungli.
    Gila banget tuh samsat dah calo nya banyak, petugas bag BPKB nya dtg jam 8 lewat, istirahat bagian TNKB dr jam 11.00 sampe 13.15, gak jelas bgt jam kerja nya. Yang nama nya pulpen n contoh pengisian formulir tidak disediakan akhirnya bnyk yg bingung, mulai lah calo2 menawarkan diri.
    Jauh beda nya ketika saya mengurus balik nama di samsat tangsel, walaupun samsat tangsel tdk 100% sempurna.
    Tips dr saya klo mo ngurus surat2 ke samsat:
    1. jgn lupa bw pulpen.
    2. siapkan materai dan kwitansi kosong utk persyaratan balik nama karena klo beli di sana pasti nya mahal.
    3.klo perlu bw makanan n minuman dr rmh klo ngurus nya di samsat cibinong..hhehe.. karena bs seharian, tau sendiri lah harga nya klo jajan disekitaran itu.
    4.klo blm pernah berurusan dgn samsat cibinong, carilah terlebih dahulu informasi dr yg sdh pernah mengurus dsna, karena dsna tdk ada bag informasi, yg ada calo2 lalu lalang, saya sndri saja sempat dibuat bingung.
    5.Siap2 sakit hati klo berurusan dgn samsat cibinong.
    sekian dr saya mdh2an tips nya bermanfaat.

    ReplyDelete