Mutasi Sepeda Motor

Berikut pengalaman saat memindahkan administrasi sepeda motor dari Jakarta Utara ke Cibinong.

Cabut Berkas, Mutasi Keluar Daerah

8 Februari 2012, saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Utara yang berlokasi di seberang Mangga Dua Square mengendarai motor yang akan saya mutasikan.

Saya sampai di lokasi sekitar pukul 9, motor langsung parkir di lokasi Cek Fisik. Saya mampir dulu ke loket, saya bilang "Mau mutasi ke Bogor pak". Petugas meminta KTP asli, STNK asli, dan BPKB asli lalu memberikan formulir dan stiker untuk gesek nomor mesin/rangka.

Formulir dan stiker saya serahkan ke petugas gesek. Petugas segera menggesek nomor rangka dan mesin lalu menempelkan stiker gesek ke formulir sambil membubuhkan parafnya. 1 menit selesai. Saya tanya ongkosnya, petugas menjawab "Terserah aja pak". Lalu saya berikan Rp. 4.000.

Setelah itu hasil gesek saya kembalikan ke loket pertama lalu saya duduk sambil menunggu proses verifikasi oleh petugas di loket. Kira-kira 5 menit kemudian saya dipanggil. Hasil cek fisik diserahkan sambil diminta biaya Rp. 30.000. Saya segera bayar, tidak ada kuitansi yang diberikan ke saya. Lalu saya disuruh masuk ke gedung utama lantai 2 ke bagian mutasi.

Dibagian mutasi saya berikan berkas dari petugas cek fisik ke petugas bagian mutasi. Lalu saya diberi formulir yang harus diisi. Setelah itu saya disuruh serahkan formulir dan berkas tadi ke bagian input data komputer. Disini diminta fotokopi KTP (domisili tujuan), STNK, dan BPKB masing-masing 2 lembar. Setelah proses input selesai saya diminta bayar Rp. 5000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh menyerahkan berkas ke bagian mutasi lagi.

Setelah menunggu sekitar 15 menit saya dipanggil dan diminta bayar Rp. 325.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya diberitahu bahwa proses menunggu kira-kira 3 pekan. Untuk itu saya diberi tanda terima dan fotokopi STNK & BPKB yang telah dilegalisir untuk dipakai dijalan sebagai pengganti STNK asli. Petugas meminta nomor HP saya sambil mengatakan "Kalau sudah selesai, nanti di-SMS".

Saat itu kira-kira jam 11. Setelah duduk sebentar lalu saya pulang.


Tiga Pekan Kemudian

Sekitar 3 pekan kemudian saya menerima SMS bahwa proses cabut berkas kendaraan sudah selesai.

Selasa, 28 Pebruari saya kembali ke kantor Samsat di Mangga Dua naik kendaraan umum. Saya segera naik ke lantai 2 ke bagian mutasi sambil menyodorkan karcis tanda terima. Lalu saya diberi berkas-berkas dan disuruh naik ke lantai 5 ke bagian Fiskal.

Di bagian fiskal langsung saya serahkan berkas tadi ke loket. Kira-kira 10 menit menunggu, lalu saya dipanggil. Petugas memberikan berkas sebelumnya ditambah bukti pembayaran fiskal sambil meminta uang Rp. 10.000 (tanpa kuitansi). Setelah saya bayar, petugas menyuruh saya untuk ke bagian arsip STNK di lantai 1.

Saya segera serahkan berkas ke petugas di bagian arsip STNK. Setelah menunggu 5 menit, petugas menyerahkan berkas sebelumnya ditambah arsip STNK sambil meminta biaya Rp. 10.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh ke Polda Metro Jaya di Komdak Semanggi untuk mengambil arsip BPKB (arsip terselip).

Saya segera ke Semanggi dengan menumpang Busway. Setelah sampai, saya segera ke loket arsip BPKB yang letaknya di bawah gedung Traffic Management Center (TMC) lantai 1. Disana saya segera serahkan semua berkas dari Samsat Jakut ke petugas di loket penerimaan berkas. Petugas segera memeriksa berkas, dokumen yang tidak diperlukan dikembalikan ke saya. Lalu petugas memberi saya karcis tanda terima sambil berkata "Bisa diambil kira-kira 5 hari". Lalu saya pulang.

Ambil Arsip BPKB di Polda Metro Jaya

Sabtu pagi, 3 Maret, saya pergi lagi ke Polda Metro Jaya. Setelah tiba, saya serahkan ke loket pengambilan. Setelah menunggu 5 menit lalu petugas memanggil dan menyerahkan berkas untuk dibawa ke Cibinong.

Ringkasan Proses Mutasi Keluar:

LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Jakut Cek Fisik Serahkan KTP & STNK Asli 5 menit 30.000
Mutasi Keluar Serahkan hasil cek fisik, ktp asli + 2 fotokopi, stnk asli + 2fotokopi,
bpkb asli + 2 fotokopi, berkas dikembalikan, disuruh isi formulir
1 menit 0
Input Data Komputer Serahkan berkas 1 menit 5.000
Mutasi Keluar Serahkan berkas, diberi tanda terima, diminta no HP 5 menit 325.000
Tunggu SMS +/- 3 pekan
Samsat Jakut Mutasi Keluar Serahkan tanda terima 1 menit 0
Fiskal Serahkan berkas 10 menit 10.000
Arsip STNK Serahkan berkas 5 menit 10.000
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan berkas dari Samsat, diberi tanda terima 5 menit 0
Tunggu 5 hari
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan tanda terima,
diberi berkas
5 menit 0

Lihat PDF nya.

Catatan
Belakangan saya baru tahu bahwa biaya resmi penerbitan surat mutasi keluar adalah Rp 75.000 (lihat foto PP no.50 th 2010 dibagian akhir artikel ini). Jadi biaya sebesar Rp. 325.000 itu untuk apa saja ya?

Mutasi Masuk

Sabtu 10 Maret, saya pergi ke kantor Samsat Cibinong. Saya serahkan semua berkas dari Jakarta ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu 10 menit saya dipanggil. Petugas menyerahkan berkas sambil menyuruh saya untuk ke bagian cek fisik.

Saya serahkan berkas ke loket Cek Fisik. Petugas segera memberi formulir dan stiker gesek sambil menyuruh saya untuk gesek nomor mesin/rangka dan foto.

Saya turun ke lokasi gesek. Setelah petugas menggesek, petugas lain memasang tanda "MUTASI MASUK" di motor saya. Saya disuruh berdiri di samping motor, lalu petugas mengambil foto kami. Petugas foto lalu memberikan karcis tanda foto sambil bilang "Terserah mau ngasih berapa". Lalu saya beri petugas gesek Rp. 5000 dan petugas foto Rp. 5000. Lalu saya kembali ke loket Cek Fisik sambil memberikan hasil gesekan dan karcis foto.

Setelah menunggu kira-kira 5 menit, saya dipanggil petugas. Saya diberi berkas sambil disuruh kembali ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu kira-kira 20 menit petugas memanggil sambil memberikan berkas. "Fotokopi dulu" katanya. Saya segera ke konter fotokopi yang ada di lingkungan kantor samsat. "Fotokopi mas, untuk mutasi masuk" kata saya ke tukang fotokopi.

Rupanya dia sudah mengerti apa yang harus difotokopi. Setelah selesai saya bayar Rp. 5500 dan segera kembali ke loket mutasi masuk. Selanjutnya saya menunggu lagi. Kira-kira 30 menit kemudian saya dipanggil, petugas menyerahkan berkas, lalu saya disuruh tanda tangan tanda serah terima berkas lalu berkata "Pak, harus ke Bandung untuk minta surat rekomendasi dari Polda Jabar". Lho kok?!?!?!

Ternyata sejak 5 Januari 2012 ada peraturan baru bahwa untuk mutasi masuk ke wilayah Polda Jabar harus mendapatkan surat rekomendasi dari Polda Jabar. Untuk itu pemohon harus pergi ke kantor Samsat Kota Bandung.

Repot banget sih! Sambil bingung dan bengong, saya coba ngobrol dengan orang-orang yang senasib. Akhirnya saya dapat informasi bahwa saya bisa titip berkas untuk minta surat rekomendasi dari Bandung dengan cara kolektif, tarifnya Rp. 200.000. Saya pikir, daripada pergi sendiri ke Bandung, ongkosnya juga sama, dan capek, buang waktu, ya sudah saya bayar deh.

Setelah bayar, saya diberi surat keterangan pengganti STNK untuk berkendara di jalan. Saya disuruh kembali dua Senin yang akan datang (bukan senin depan, karena kurir yang akan ke Bandung berangkat setiap Jumat malam, jadi berkas saya baru dibawa Jumat depan, dan baru selesai Senin berikutnya).


Ganti STNK dan Nomor Kendaraan

Sabtu 24 Maret 2012 saya kembali ke Samsat Cibinong. Saya serahkan surat keterangan ke loket Mutasi Masuk. Setelah 5 menit menunggu saya dipanggil dan diberi berkas. Lalu saya disuruh ke bagian pendaftaran.

Di bagian pendaftaran, berkas dicek, lalu saya disuruh minta formulir pendaftaran ke loket formulir. Di loket formulir saya serahkan berkas sambil bilang "Mutasi masuk pak". Lalu saya diberi formulir untuk diisi. Setelah mengisi formulir saya kembalikan ke loket pengembalian formulir, lalu petugas menyurus saya untuk beli map warna kuning. Setelah beli, saya serahkan map kuning tersebut. Petugas lalu memberi formulir lain sambil berkata "Formulir diisi lalu kembalikan ke loket pendaftaran".

Setelah saya isi, saya segera kembalikan ke petugas pendaftaran. Petugas memberi karcis berisi nomor kendaraan yang baru (kode F) sambil berkata "Silakan duduk, nanti dipanggil".

Sudah banyak orang yang menunggu. Setelah menunggu sekitar 1 jam, saya dipanggil ke loket pembayaran. Ternyata saya kena denda karena sudah lewat 4 hari sejak tanggal kadaluwarsa STNK yang terakhir sebesar Rp. 32rb. Total biaya yang harus saya bayar Rp. 350.500.

Setelah menunggu 20 menit, saya dipanggil. Petugas memberi saya BPKB, STNK baru, dan tanda bayar pajak sambil menyuruh saya "Fotokopi STNK yang baru 1x lalu kembali kesini". Setelah fotokopi saya serahkan kembali petugas memberi cap lalu mengatakan "Pelat nomor bisa diambil di bagian produksi TNKB, setelah itu serahkan BPKB dan fotokopi STNK bercap ini ke Polres di bagian BPKB untuk dilegalisir".

Lalu saya pergi ke bagian produksi pelat sambil menyerahkan STNK yang baru. Petugas meminta 1 fotokopi STNK tersebut. Setelah fotokopi STNK saya berikan, saya diminta Rp. 5000, lalu saya disuruh menunggu. Sekitar 5 menit pelat nomor pun jadi.

Legalisir BPKB

Sebelum pulang saya pergi dulu ke Polres Cibinong. Di bagian BPKB, saya serahkan BPKB dan fotokopi STNK yang telah diberi cap untuk dilegalisir. Petugas meminta biaya Rp 35.000. Setelah saya bayar petugas memberi tanda terima dan mengatakan "Silakan kembali 5 hari lagi".

Seminggu kemudian saya kembali untuk Polres Kab. Bogor (Cibinong) untuk mengambil BPKB. Tanda terima saya serahkan, 5 menit kemudian BPKB bisa saya bawa pulang.

Rangkuman Proses Mutasi Masuk:

LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Cibinong Mutasi Masuk Serahkan berkas dari daerah asal 5 menit 0
Cek Fisik Serahkan berkas, diberi stiker gesek dan formulir 1 menit 0
Lokasi Gesek Serahkan stiker gesek dan formulir, petugas menggesek noka dan nosin, foto mutasi masuk 5 menit terserah
Cek Fisik Serahkan hasil cek fisik 5 menit 0
Mutasi Masuk Serahkan berkas 15 menit 0
Fotokopi Fotokopi berkas mutasi masuk 10 menit 5.500
Mutasi Masuk Serahkan berkas + fotokopinya, terima berkas, minta surat rekomendasi dari Polda Jabar 30 menit 0
Titip urus kolektif ke Polda Jabar (Bandung) , diberi surat keterangan pengganti STNK 1 menit 200.000
Kurir kolektif berangkat Jumat, Senin sudah bisa diambil
Samsat Cibinong Mutasi Masuk Serahkan surat keterangan, ambil berkas 5 menit 0
Pendaftaran Serahkan berkas 15 menit 0
Formulir Serahkan berkas, mengisi formulir, beli map kuning 5 menit 1.000
Pendaftaran Serahkan berkas, tunggu dipanggil 1-2 jam 0
Pembayaran Bayar, lalu tunggu dipanggil 30 menit Pajak sesuai kendaraan
Penyerahan STNK + BPKB Ambil STNK baru + BPKB 5 menit 0
Tukang Fotokopi Fotokopi STNK baru 5 menit 500
Penyerahan STNK & BPKB Legalisir STNK 5 menit 0
Produksi Pelat Serahkan STNK, ambil pelat nomor 10 menit 5.000
Polres Kab Bogor Urusan BPKB Serahkan BPKB dan legalisir STNK, diberi tanda terima 10 menit 35.000
Tunggu 5 hari
Polres Kab Bogor Urusan BPKB Serahkan tanda terima, BPKB bisa dibawa pulang 10 menit 0

Lihat PDF nya.

Info Tambahan




125 komentar:

  1. Ribet ya broo,ada kebijakan aneh juga rekomendasi ga jelas menyusahkan saja.

    BalasHapus
  2. Ini pemalakan namanya. FYI mutasi keluar hanya kena 75ribu+5rb infaq buat petugan cek fisik. Itu sudah semuanya dan bisa kelar 1 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Betul kang Deddy, harga resminya cuma 75rb.

      Silakan lihat dibagian akhir artikel saya, foto ke-2 poin nomor 4 tertulis: Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Keluar Daerah: Rp 75.000

      Hapus
  3. betul kata bang deddy.
    Samsat bogor mah sarang tikus cuy.
    musti dibasmi tuh.

    terlalu ribet.

    BalasHapus
  4. Dasar biadab, udah sekolahnya gak bener, nyari kerja gak bener, nyari duit jg gak bener. Mereka pikir yg gaji mereka tuh siapa?

    BalasHapus
  5. berkas untuk mutasi masuk dan keluar itu apa saja? mohon diringkas boss, saya agak berputar-putar bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkas-berkas dari polisi banyak banget, saya juga tidak mencatatnya satu persatu, yang penting kita sudah siapkan KTP asli+fotokopi, STNK asli+fotokopi, dan BPKB asli+fotokopi.

      Nanti seiring dengan selesainya satu proses maka polisi akan memberikan setumpuk berkas dalam map. Berkas itulah yang akan diserahkan di proses-proses berikutnya.

      Kalau bingung baca ceritanya, lihat saja tabel rangkuman proses yang sudah saya buat di artikel ini.

      Kalau masih ribet juga, ya memang begitulah rasanya ngurus sendiri di kantor polisi ... dinikmati saja ;-)

      Hapus
  6. ribet bgt... mungkin saling berbagi dosa.. sumpahin aja tuh.. semoga kehidupan keluarganya ribet jga... pantesan perutny buncit2.. kelebihan polisi ap sih selain memeras dan mempersulit rakyat.. merdeka..

    BalasHapus
  7. Mas Nuke ini Sabar sekali. Semoga keberkahan untuk Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa iyyakum, semoga keberkahan untuk Anda juga.

      Hapus
    2. HEBATT PENUH LIKU2
      DIJALANI .PERJUANGAN UTK PLAT ..F.. BOGOR

      Hapus
  8. tadi pagi saya mau urus mutasi masuk dari depok ke bogor kota, katanya kena 1.040.000, mentang2 motornya tiger. trus petugas tanya sebelumnya udah pernah urus blom,saya jawab udah pernah,dan cuma kena 400ribu. seudah itu dia bilang,ini cuma 'estimasi' saja. bener2 keparat dah orang2 seperti mereka,udah dikasih amanah malah disalahgunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya mau mutasi motor saya dari kota depok ke bogor kabupaten.kira kira biayanya berapa ya???

      Hapus
    2. Kota Depok termasuk wilayah Polda Metro pindah ke wilayah Polda Jabar. Karena sama dengan kasus di artikel ini, saya rasa biayanya mirip dengan tabel di artikel ini (lihat kolom biaya). Silakan dihitung sendiri ya....

      Hapus
  9. gan bisa bantu ane gak,,, minta informasinya barangkali ada yang tahu.. untuk mutasi kab bogor ke kota bogor tu biayanya berapa (ngurus sendiri) berapa lama.?? thank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa prosedurnya tidak terlalu berbeda dengan yang saya alami.

      Untuk biaya sepertinya tidak semahal kalau pindah dari Jakarta. Lagian karena masih dalam lingkungan polda Jabar, tidak diperlukan surat rekomendasi.

      Soal waktu saya kira 1 hari untuk urus cabut berkas (mutasi keluar) di samsat kabupaten dan 1 hari untuk mutasi masuk di samsat kota.

      Hapus
  10. mas saya kemaren sabtu (16-02-2013)baru cek fisik aja dah dimintain 20rebu.tuh petugas maksa lagi.ntr ane mo kelarin urusan dulu aja deh soalnya mau ke loket formulir dah tutup biar kalo udah selesai mau ane curhatin di koran kompas biar kagak ada lagi pungli2 biar tuh polisi ahli neraka pada nyaho semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda banget sama di KPPN ya, bendahara datang bawa SPM bisa langsung bawa SP2D, bank langsung transfer ke rekening hari itu jg, biaya cuma Rp0,-

      Hapus
    2. ia om yg budiman. bener tuh. KPPN sdh tdk sperti itu. mungkin memang dulu sperti itu. tp skrg berbeda. tanpa pungli. kenapa di samsat masih seperti itu yaa...?
      biar sang pencipta yang membalas. amieeen...

      Hapus
  11. Saya berharap, ke depannya administrasi lebih praktis dan ekonomis ...

    BalasHapus
  12. sya jg mau ngurus mutasi jg dari mataram ke jakarta, mutasi keluar biayanya 350 ribu ditambah pajak 200 rb krn sdh waktunya byr, untuk mutasi masuk td saya telp ke petugas piket samsat jakarta katanya tidak ada biaya untuk pengurusan mutasi, mungkin betul aturannya spt itu, tapi kenyataan di lapangan sering berbeda, seperti pengalaman mas nuke semua biaya tidak ada kuitansinya, jd memang seharusnya tidak ada biaya

    BalasHapus
  13. tgl 26-03-2013 kmrn saya bayar pajak sepeda motor di samsat kota tangerang dan tanya biaya mutasi sepeda motor dari kota tangerang ke kab. purworejo, jawa tengah kata petugasnya biaya cabut berkas Rp 350.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti hampir sama dengan yang saya alami. Biaya mutasi keluar dari Jakarta Utara yang saya bayar 325rb (belum termasuk cek fisik 30rb dan pungli di tiap loket).

      Hapus
  14. Saya cabut berkas di samsat depok dimintain 350rb tanpa kwitansi, katanya buat ngurus ke polda Metro segala. Kasih jawaban aneh2 n berlagak bloon. Ada temennya polisi yg ngerangkap calo datang n ikut nimbrung memang gak ada kwitansi. Jijik bener liat orang yang gak tau malu malakin bangsanya sendiri. Ngasih makan anak istri pake duit haram, naudzubillah...

    BalasHapus
  15. MAU NANYA MAS.! UNTUK KTP CABUT BERKAS ALAMAT NYA HARUS SAMA NGGAK SAMA ALAMAT STNK.masalahnya saya beli motor second mio,rencana mau saya mutasikan dari samsat cikarang ke samsat kab.pekalongan.makasih mas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP yang digunakan adalah KTP dengan alamat yang baru (alamat tujuan pindah). Kalau anda beli motor dari seseorang, maka yang digunakan adalah KTP anda, bukan KTP pemilik asal (penjual). Jadi dalam kasus anda, gunakanlah KTP anda yang beralamat di Pekalongan.

      Hapus
    2. Mas gini saya mau mutasi dr jogja ke bandung.soalny ktp saya bandung.tpi motor saya lagi d jakarta sekarang..kan ada cek fisik lagi di bandungny,,,itu motor harus saya bawa ke bandung lagi?

      Hapus
    3. Bawa aja motornya ke Samsat di Jakarta, trus minta cek fisik bantuan. Nanti berkas itu dibawa ke bandung, trus dilegalisir di loket cek fisik.

      Kayaknya sih motornya tidak perlu dibawa ke Bandung. Cukup pake cek fisik bantuan itu saja. Tapi supaya lebih pasti silakan tanya ke petugas saat cek fisik bantuan di Jakarta.

      Hapus
  16. saya barusan ngurus mutasi keluar samsat jakarta barat dimintain 325rebu ditanya kwitansi nggak ada kwitansi katanya, cek fisiknya saya di polda metro jaya, masuknya cek fisik bantuan, gak ada biaya sebenernya tapi saya yang ngasih 5000 ke petugas cek fisiknya soalnya saya tanya2 prosesnya...
    proses berikutnya masih menunggu...
    thanks infonya.. pas banget buat saya yang lagi galau ngurus mutasi motor haha...

    BalasHapus
  17. baru aja tadi saya urus mutasi masuk di samsat cibinong, ketika sudah mencapai proses rekomendasi berkas polda jabar 'saya tdk tau klw ternyata bsa kolektifan kya gitu dgn byr 200rb. terpaksa saya pulang' dan baca artikel ini ternyata bsa kolektif tanpa harus kita bolak-balik polda jabar bandung. proses sekarang emg ribet dan seakan lama dipersulit masbro. (tulisan di dinding2 samsat byk yg menyebutkan 'CALO DILARANG MASUK' boong banget, tadi pagi aja yg seliweran bolak-balik orang dalem byk banget, seakan jalur murni perorangan terhambat waktu lama akan hadirnya calo. CALO EMANG BERENGSEK.

    thx info artikelnya sangat membantu mas bro. salam kenal

    BalasHapus
  18. Mau tanya sebenarnya proses pencabutan berkas untuk keperluan mutasi tuh paling lama berapa hari?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau ditanya "sebenarnya" saya juga tidak tahu. Karena tidak ada informasi resmi dari kantor Samsat. Tapi kenyataannya, seperti yg sudah saya tulis di artikel ini, saya harus menunggu 1 bulan.

      Hapus
    2. kalau biaya mutasai motor asal balikpapan ke bima(NTB) berapa ya

      Hapus
  19. Perihal ada surat rekomendasi dari Samsat Jabar, anda ditipu mentah-mentah.

    Barusan saya telfon samsat kab.bekasi, karena saya ada rencana mutasi masuk motor ke wilayah jabar dari jakarta, saya telfon di nomor (021) 89109169, beliau bilang tidak ada yang namanya surat rekomendasi dari Polda Jabar...

    Terimakasih untuk artikel ini, pelajaran yang didapat, baiknya sebelum kita mutasi, kita coba kroscek via telfon dulu kebenarannya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ini informasi menarik. Saya baru tambahkan di artikel ini foto peraturan yang ditempel di depan loket mutasi samsat Cibinong yang sudah lama saya jepret tapi belum sempat saya upload. Isinya jelas tentang rekomendasi dari Polda Jabar.

      Mungkin ada kebijakan yang berbeda di Bekasi. Atau aturannya sudah berubah. Atau kalau memang benar penipuan, mudah-mudahan cuma saya yang tertipu.

      Hapus
    2. Mungkin begini mas bro.. kalo bekasi polda nya masih polda jaya, plat nya juga masih letter B Dan untuk bogor polda nya sudah polda jabar plat nya pakai letter F jadi pindah polda gitu, kalo jabotabek masuk polda metro jaya..

      Hapus
    3. Iya juga pak Edi ... nggak kepikir oleh saya. Bekasi kan platnya B juga ya ...

      Hapus
  20. mas,gimana nih..motor sya kan beli second.pemiliknya dri kabupaten takalar,sulsel..trus sya pakainya di makassar.trus sya mau mutasi ke gorontalo.katanya cabut berkas tuh sya harus ke samsat takalar.pdahal jauh banget makassar-takalar.bisa gak di urus dari samsat makassar??kira2 biayanya berapa ya??trus nunggunya brapa lama??

    jawabannya sangat d harapkan..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yang saya tahu, yang namanya cabut berkas ya harus dari daerah asal, karena kan berkasnya ada disana. Kalau tidak mau repot, bisa juga gunakan biro jasa. Untuk waktu dan biaya silakan dikira-kira sendiri berdasarkan pengalaman yang saya tulis diatas.

      Bagi yang sudah pernah mengurus di Gorontalo atau Sulsel silakan dibagi pengalamannya.

      Hapus
    2. kalo pngalaman mas,biasanya biro jasa kayak gitu di dpat drimana??apakah dri pihak dalam samsat atau??
      soalnya sya d mkassar cma sendiri.hehe

      Hapus
    3. Maksud saya biro jasa swasta. Coba cari iklan mereka di surat kabar atau media online lokal. Nantinya mereka mewakili anda dalam hal cabut berkas kendaraan anda. Biasanya mereka pasang tarif. Jadi anda tinggal serahkan semua dokumen yang dibutuhkan kepada mereka. Biayanya jelas lebih mahal dibandingkan dengan mengurus sendiri.

      Hapus
  21. aku mau mutasi motor jadi mikir 100000000 kali. motorku Blat B Pajak mati 4 tahun Tiger 2008 Mau mutasi ke Malang Jawa timur Bisa kenak banyak kali ya mending di matiin terus saja dari pada bayar pajak yang duitnya buat makan garangan-garangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, pilihannya unik juga mas Agus. Salam.

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cjap jempol gajah buat cak agus prianto....

      Hapus
  23. Sebenarnya saya juga mau mutasi motor dari bekasi ke gunung putri, tetapi setelah baca, kalo urus sendiri sangat ribet sekali dan perlu waktu bolak-balik ke samsat. Hari ini saya coba pergi ke biro jasa untuk menayakan biaya pengurusan mutasi sampai beres.., dan pihak biro jasa memberikan harga Rp. 1,1 juta untuk pengurusan sampai beres di luar pajak kendaraan bermotor sebesar Rp. 235 ribu..

    BalasHapus
  24. sama seperti yg saya alami...
    bulan ini saya mutasi dari cirebon ke semarang kena biaya Rp.350rb,itu juga bayarnya ke loket,lalu disuruh tunggu 2mingguan nanti katanya kita dapat pemberitahuan melalui sms/telp.
    untuk selanjutnya belum tau apa ada biaya banyak lagikah???karena ini masih nunggu berkas2nya.semoga saja tidak membengkak...

    BalasHapus
  25. Tugas berat kapolri yang baru, membersihkan rumahnya dari pungli, pungli, pungli dan pungli. Permintaan uang tanpa diberikan kwitansi adalah pungli. Ayo kapolri buktikan dirimu pemimpin yang bersih sehingga bisa membersihkan samsat-samsat yang kotor.

    BalasHapus
  26. wah,, jadi mikir lagi ni mau mutasi motor dari jakarta ke Rembang Jawa Tengah.. memang benar2 rusak ni negara.

    kalo ada kantor yang banyak sepanduk "ANTI PUNGLI DAN CALO" justru disitu lah sarang calo dan pungli.. samsat, Lapas dan kantor Imigrasi..

    BalasHapus
  27. mas nuke terima kasih info nya, sy lagi galau mo mutasi masuk motor ke cibinong dari jaktim, biaya biro jasa mahal bgt minta 900 rebu, waktu mutasi keluar aja minta 750 rebu, merasa di rampok ama biro jasa......jadi ingin urus sendiri tapi pernah ngurus bayar pajak stnk di puter2 di jakarta jadi parno juga.....mendapat informasi ini jadi lebih paham.......semoga lancar....

    BalasHapus
  28. wes angel, suwe, biaya rak jelas, piye ki?

    BalasHapus
  29. nice info nie..ane ada rencana mutasi motor dari depok ke kudus jawa tengah..cm masalah nya STNK nya hilang ..bagaaimana ini...untuk masalah cek fisik apakah bisa cek fisik bantuan dari kudus..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini, yang saya tahu, cek fisik bantuan bisa dilakukan dimana saja.

      Hapus
    2. Kalau STNK hilang, sepertinya akan repot, karena harus urus kehilangan STNK dulu.

      Hapus
  30. Hallo mass nuke saya jhoni.mau tanya neh saya punya rencana pingin mutasi motor saya dari pulao bali ke cilacap jawa tengah.. bagimana caranya ea...?
    Apa kira2 sampai 3.juta dan apa persaratan lengkapnya....yg saya punya cuman bpkb dn stnk asli...saya tdk punya ktp pemilik motor aslinya(cos saya beli motor bekas)..tolong beri saya pnjelasan dan sarat2 nya bagaimana...trmksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Jhoni, secara singkat kira-kira langkahnya begini:

      1. Jika motor sudah berada di Cilacap minta bantuan cek fisik bantuan di samsat Cilacap. Jika motor masih di Bali, lewati langkah ini.
      2. Pergi ke samsat di Bali, lalu lakukan proses mutasi keluar dengan membawa BPKB asli, STNK asli, KTP asli (dgn alamat anda di Cilacap). KTP pemillik asal tidak diperlukan.
      3. Tunggu sampai anda mendapatkan berkas motor anda (mungkin bisa sampai sebulan).
      4. Setelah anda mendapatkan semua berkas mutasi keluar, pergi ke samsat di Cilacap. Lakukan proses mutasi masuk.
      5. Ikuti semua prosedur sampai keluar STNK baru (nopol Cilacap)
      6. Mungkin petugas juga akan menyuruh untuk melakukan proses arsip BPKB di polres Cilacap. Mungkin anda perlu menunggu beberapa hari sampai BPKB bisa anda ambil dari polres.
      7. Selesai

      Untuk detilnya silakan baca cerita saya diatas atau ikuti ilustrasi prosedur yang bisa anda unduh di artikel saya ini (format .pdf)

      Hapus
    2. Kalau soal biaya, saya tidak tahu tarif mutasi sekarang. Tapi rasanya tidak sampai 1 juta. Kalau ditambah pajak dan ongkos Bali-Cilacap mungkin habis juga 3jt.

      Hapus
  31. ikut tanya mas nuke, klo cek fisik bantuan apa perlu bawa bpkb asli? trims bantuannya

    BalasHapus
  32. Pak nuke, saya mau tanya dlu waktu cabut berkas, stnk, bpkp dan ktp di masukan dalam map warna apa? Sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabut berkas tidak pakai map seperti saat perpanjangan STNK tiap tahun.

      Hapus
  33. mas ane mau cbut berkas tp mtorx gak ada di jakarta. udah trlanjur krim ke kupang NTT. ane tgal di kupang .trs mtorx itu dlu ane beli dr org jd ane ini tgan ke 2. kira2 bs kgak ane urusx ?? jgn2 ribet lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor tidak usah dikirim ke Jakarta. Cukup minta cek fisik bantuan di Kupang. Nah, hasil cek fisik bantuan itu yang dibawa ke Jakarta untuk proses cabut berkas. KTP yang dipakai adalah KTP anda yang di Kupang, bukan KTP pemilik asal.

      Hapus
  34. Nitip share Pak, biaya resmi Penerbitan Surat Mutasi ke Luar Daerah = 75rb, ada di PP no 50 th 2010. Ini link nya = http://www.anggaran.depkeu.go.id/peraturan/PP%2050%20-%202010%20-%20Polri.pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sama seperti foto di bagian akhir artikel ini.

      Hapus
  35. Share donk om... kalau cabut berkas yang dipakai semua kartu identitas asli kita (ktp asli) ya, yang ingin saya tanyakan itu sudah otomatis balik nama atau belum ya untuk STNK dan BPKB nya ? atau itu beda proses lagi untuk balik namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, KTP asli. Nanti saat mutasi masuk otomatis digunakan utk balik nama.

      Hapus
  36. Kalau cabut berkas harus pakai KTP asli ya?
    saya mau cabut berkas ke Blitar dari Bulukumba, tapi motornya ada di Makassar, kalau mau cek fisij bantun apa harus ada BPKB asli?, krn BPKB asli ada di Bulukumba, dan KTP saya itu KTP bulukumba. itu gmana ya Om?

    BalasHapus
  37. karena repot gitu lah mas..jadinya aq ga mau urus, biarin aja lahh.bukan ga mau loh mas..dari pengalaman mas aja,aq dah capex bayangin nya.mudah-mudahan samsat di seluruh indonesia bs bersatu jd kinerjanya lbh mempermudah utk masyarakat, masa kita niat baik,mau urus dan bayar pajak kendaraan kita, kok malah di buat susah, bolak balik gitu..padahal teknologi sudah cukup canggih bs input/output data secara online dan cepat..ini msh manual aja sih pak samsat..saran aq sih,klo mau mutasi kendaraan klo msh di wilayah NKRI,cukup lah diurus di kantor samsat dmana kendaraan itu beroperasi..jgn ada lg istilah cabut berkas dari "kantor samsat asal kendaraan"..kan sama2 samsat..

    BalasHapus
  38. maaf pak mohon penjelasannya . . .saya ingin mutasi balik nama dari salatiga ke pekalongan kira kira biaya keseluruhannya brapa ya pak ?? dan kira" brapa lama STNK dan BPKP motor itu menjadi atas nama saya di kota pekalongan . . .Trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkiraan biaya dan lama waktu bisa diperhitungkan dari tabel yang saya buat diatas.

      Hapus
  39. mas nuke kwitansi pembelian kl ga ada kita bisa ngarang sendiri yah sy beli seken plat bekasi mo sy mutasi ke surabaya thx atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mutasi mobil, saya bikin kuitansi, tapi ternyata nggak ditanya/diminta sama sekali oleh petugas.

      Hapus
  40. 2 hari yg lalu saya ngurus mutasi motor saya dr bogor kota ke bogor kabupaten (samsat cibinong)... kalo saya ceritain lengkap cerita nya terlalu panjang, singkatnya saja lah, total biaya 888.000 dgn rincian 476.000 berkuitansi dan sisa nya pungli.
    Gila banget tuh samsat dah calo nya banyak, petugas bag BPKB nya dtg jam 8 lewat, istirahat bagian TNKB dr jam 11.00 sampe 13.15, gak jelas bgt jam kerja nya. Yang nama nya pulpen n contoh pengisian formulir tidak disediakan akhirnya bnyk yg bingung, mulai lah calo2 menawarkan diri.
    Jauh beda nya ketika saya mengurus balik nama di samsat tangsel, walaupun samsat tangsel tdk 100% sempurna.
    Tips dr saya klo mo ngurus surat2 ke samsat:
    1. jgn lupa bw pulpen.
    2. siapkan materai dan kwitansi kosong utk persyaratan balik nama karena klo beli di sana pasti nya mahal.
    3.klo perlu bw makanan n minuman dr rmh klo ngurus nya di samsat cibinong..hhehe.. karena bs seharian, tau sendiri lah harga nya klo jajan disekitaran itu.
    4.klo blm pernah berurusan dgn samsat cibinong, carilah terlebih dahulu informasi dr yg sdh pernah mengurus dsna, karena dsna tdk ada bag informasi, yg ada calo2 lalu lalang, saya sndri saja sempat dibuat bingung.
    5.Siap2 sakit hati klo berurusan dgn samsat cibinong.
    sekian dr saya mdh2an tips nya bermanfaat.

    BalasHapus
  41. wah jadi merinding n males ngurus mutasi setelah baca tulisan agan semua nih! rencana saya mau mutasi motor dari bali ke surabaya, tapi kok kayaknya ribet bgt ya, plus paling nyebelin ya pungli2 itu. kepolisian kan emang nmr 1 kalo urusan pungli, 5000/orang x 50 orang = 250rb/hari, wah besar gaji haramnya dari halalnya tuh. mungkin agan sekalian ada yg punya pengalaman mutasi bali-jawa, mohon infonya.thx

    BalasHapus
  42. inilah negeri kita, saya mah gak mau ribet, udah pak pol terima beres semua jadi 1 minggu tinggal diambil di pak pol, 1 juta 50rb, beres... ( mutasi motor dari kota ke kabupaten bekasi karena alamat beda... )

    BalasHapus
  43. Mau tanya mas nuke, kalo mutasi dari depok ke samsat cibinong apakah masih harus pakai surat rekomendasi polda jabar? Plat depok: B sedang kab. Bogor: F. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu pasti. Tapi kalau baca komentarnya sdr Lamno tentang pindah dari Jakarta ke Bekasi dan selanjutnya dikomentari oleh sdr Edi Sutowo (silakan baca komentarnya diatas), kemungkinan untuk kasus anda harus pakai surat rekomendasi Polda Jabar. Karena Jakarta-Depok-Tangerang-Bekasi mungkin masih wilayah kekuasaan Polda Metro Jaya. Sedangkan kab. Bogor sudah masuk wilayah kekuasaan Polda Jabar.

      Hapus
    2. makasih mas atas jawabannya, saya rencana mau ngurus surat rekomendasi polda jabar ke bandung.

      Hapus
    3. Setahu saya, harus ada surat pengantar dari Samsat Cibinong. Jadi berkas-berkas harus masuk dulu ke loket mutasi masuk, setelah itu kita dapat surat pengantar untuk mengurus surat rekomendasi dari Polda Jabar.

      Hapus
  44. Mas Nuke mau tanya nih kalo mutasi Beat 2011 dari Jakarta ke Temanggung kira2 totalnya habis berapa ya? Soalnya dengar dari tetangga yang baru saja mutasi Vega 2009 dari Jakarta habis 2 juta.Lewat calo sih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, tarif mutasi tidak tergantung jenis maupun tahun produksi kendaraan (silakan lihat foto daftar tarif di bagian akhir artikel ini). Jika anda mau urus sendiri saya rasa biayanya mirip-mirip dengan yang saya alami. Silakan hitung perkiraan biaya berdasarkan tabel di artikel ini (kolom biaya).

      Hapus
    2. saya awalnya juga enggan minta bantuan calo...tapi karena prosedur ribet makan, waktu lama dan harus bolak-balik ke samsat makanya mau gak mau terpaksa make biro jasa juga....(celah juga kali ya)

      Hapus
  45. Mas, Setelah baca tulisan rada keder juga nih hati, yg niatnya mau urus sendiri mutasi dan balik nama kendaraan saya dari kabupaten ke kotamadya, tapi inn shaa Allah, haqul yakin sy akan tetap maju, smoga Allah memberi kemudahan bagi saya, ada saran untuk saya pak?,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu keder, siapkan saja:

      1. Semua dokumen asli yang diperlukan
      2. Siapkan uang pas (pecahan 2ribuan, 5ribuan, 10ribuan)
      3. Siapkan waktu seharian, supaya tidak terburu-buru, cuti kalau perlu
      4. Berangkat pagi-pagi, supaya urusan cepat selesai
      5. Bawa bacaan biar nggak bosan menunggu.
      6. Ikuti dan nikmati saja aturan permainannya.

      Barakallah, semoga berhasil

      Hapus
  46. dan...ternyata, sampai sekarangpun (th.2015), prosedur mutasi, cabut berkas dan balik nama masih sengaja dibikin ribet dan sangat tidak transparan...sehingga masih banyak petugas berseragam polisi di loket resmi yg merangkap jadi calo dan tukiang palak...
    pengalaman saya kemaren ngurus di samsat lombok barat, NTB, biaya cabut berkas Rp.450.000, belum termasuk biaya pajak, mutasi masuk dan balik nama. setelah saya tanya total biaya (dihitung oleh petugas berseragam resmi dan di loket resmi), dia bilang biaya total 1,6 juta rupiah...GILAAAAA>>>>>.....koru[p amat yah...
    yang jadi masalah klasik...utk biaya2 tersebut tidak ditempel/dipublikasikan secara resmi di kantor samsat...apa memang sengaja ya...

    BalasHapus
  47. Mas Nuke, saya rencana mutasi mobil dari Jakarta Utara ke Jakarta Barat. Apakah prosesnya lebih mudah? Apakah akan ganti plat nomor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya saya tidak tahu. Tapi menurut logika, harusnya lebih ringkas. Tentang plat nomor juga saya tidak tahu. Tapi setahu saya plat nomor juga mengandung kode-kode yang menunjukkan wilayah. Jadi menurut logika juga bakal ganti nomor kendaraan.

      Ada yang bisa memberi pencerahan?

      Hapus
  48. kalau mutasi dari pasar minggu jakarta ke Depok,prosesnya sama ga,mas?
    motornya Supra X 125.
    peraturan surat rekomendasi dari polda jawabarat berlaku juga untuk samsat Depok?
    trus,peraturan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu pasti. Tapi Depok pelatnya juga B seperti Bekasi. Kemungkinan masih termasuk wilayah Polda Metro Jaya dan tidak perlu surat rekomendasi dari Polda Jabar.

      Tapi ini dugaan saya saja. Mohon dikoreksi jika saya salah tebak.

      Hapus
  49. Jadi malas Mau mutasi stnk biar sesuai domisili.
    Kenapa masyarakat mau tertib administrasi malah di persulit dan diminta banyak uang oleh oknum2x.
    Kapan negara ini mau bebas korupsi, di Kepolisian saja banyak Pungli nggak jelas.

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Agan" sekalian, mau tanya untuk Mutasi plat F ke plat B kira" kena brp ya biayanya ? (sewajarnya dan faktanya )?
    dan kira" brp lama?(sewajarnya dan faktanya )?
    mohon infonya..
    motor ninja rr 2011 thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, tarif mutasi tidak tergantung jenis maupun tahun produksi kendaraan. Untuk tarif resmi (sewajarnya) silakan lihat foto daftar tarif di bagian akhir artikel ini. Mungkin perhitungannya sbb:

      Mutasi keluar + penerbitan STNK + penerbitan TNKB = 75rb + 50rb + 30rb = 155rb.

      Untuk fakta lama waktu dan biaya silakan hitung perkiraan berdasarkan tabel yang saya buat di artikel ini (kolom waktu dan biaya).

      Hapus
  52. mlm mas mas... minta rekomendasi biro jasa yg bagus&murah dong...!? mau urus sendiri mls bgt...

    BalasHapus
  53. Makasih Banyak.. udah sharing Masbro..

    BalasHapus
  54. Saya juga dimintai 300 ribu buat mutasi dari Kab. Karawang ke Kab. Subang

    BalasHapus
  55. kok sama ya??? tiap di minta kwitansi... ga mau ngasih petugasnya..... malah saya mah bisa tawar menawar harga,.... pas untuk cross cek ke polda bandung,,,,, minta 200 ribu.. saya tawar 150... ehh ternyata bisa???? :D

    BalasHapus
  56. Makasih sharenya ya... untung ada blog ini
    Kebetulan saya diminta tolong sama tetangga untuk mengurus balik nama cabut sepeda motor ,berkas dari DKI ke kertosono nganjuk jatim.
    Hanya saja perbedaannya... saya hanya mengeluarkan biaya sebagai berikut:
    1. Foto copy bpkb rangkap 4, copy ktp pemilik20lembar... copy stnk 5, copy ktp tujuan mutasi..5 kenapa begitu? Buat jaga jaga aja supaya nggak mondar mandir copy padahal lebutuhannya jg nggak segitu. Total ,15rb

    2.masuk loket gesek fisik 30rb
    3.bayar ke bank bri 75rb
    4.beli minuman di mini market 3500
    5.bayar parkir 2000
    Saya belum dipungut biaya sampai 375rb seperti yg ditulis oleh blog, apa karena pungutan ini termasuk jg pungli... rencana saya kalau saya dimintai uang akan saya minta kuitansi sama foto petugasnya ...supaya jelas di kemudian harinya apakah ada oknum yang mintain biaya sebesar itu.
    O iya saya dikasih tanda bukti dari petugas untuk kemudian 4minggu lagi balik, untuk ambol bendel(berkasnya)
    Demikian dari saya semoga beranfaat.. *indahnya berbagi ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya bos..dengan perbedaan2 diatas, artinya standar pelayanannya gak jelas

      Hapus
  57. waj jadi ga minat nih mau mutasi motor kalo ribet gini caranya n ditambah banyaknya pungli ga jelas..

    BalasHapus
  58. Kampang, banyak bener prosesnya yaa.. jadi pikir2 klo mw beli motor luar daerah asal ktp..

    BalasHapus
  59. Kampang, banyak bener prosesnya yaa.. jadi pikir2 klo mw beli motor luar daerah asal ktp..

    BalasHapus
  60. terima kasih infonya
    bagaimana mutasi motor dg baik
    thanks ya

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. kalu mutasi di seluruh indonesia apakah semuanya sama pembayarannya,karna saya jga mau cabut berkas motorku dari makassar.tol

    BalasHapus
  63. makasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
  64. Saya cabut berkas Motor Honda Beat th 2010 dari Bantul Yogyakarta ke Kota Bandung (berkas masuk tgl 9/6/2015).
    - stnk hilang saat perjalanan dari bandung ke bantul (mobil dibobol di spbu sentolo)
    - sebelum mutasi stnk pengganti yg hilang harus diterbitkan dulu (diklankan di koran dan radio ====gak jelas tujuannya apa)
    - ribet banget saya pakai biro jasa total biaya 900 rb dgn waktu penyelesaian 4 bulan.===kalau bisa dipersulit mengapa dipermudah?????

    BalasHapus
  65. saya baru ngangkat motor scorpio second plat depok dr teman , pajak mati bln 5 kmrn, stnk sampe 2017 . masalahnya nama pemilik di STNK sudah pindah ke luar daerah ( ktp nya sudah daerah jg) , rencana motor saya mau tarik berkas ke medan, nah.....apakah saya harus balik nama dl untuk lunasin pajak, atau ada opsi lain? thanks :)

    BalasHapus
  66. SUSAH SEKALI ..... MAKANYA polisi suka banyak job tilang, karena orang pada sudah bayar pajak, susah urus stnk mati, susah mau balik nama, ayooooo siapa yang mau disusahin lagi... SESAK membaca..

    BalasHapus
  67. Karna KTP istri sudah jadi kabupaten dan STNK masih KOTA Bogor maka Samsat menyarankan mutasi walaupun atas nama istri saya jg., tapi proses teramat lama.
    akhirnya saya bertemu calo dan Perpanjang STNK tanpa KTP Asli, pajak 2 tahun .sehari yang lalu saya bayar 930rb..

    BalasHapus
  68. Oknum sprti itu dlm agama halal darah nya....jaman para sahabat lgsung tebas batang lehernya....

    BalasHapus
  69. inti semuanya dari mereka lah yang menciptakan para warga2 yang akhirnya tidak taat pajak karena warga2 yang ingin mentaati peraturan2 yang merka buat sendiri tapi juga dipersulit pada kenyataannya yang terjadi di lapangan

    BalasHapus
  70. SYETAN YANG TAMPAK,TETAPI JUGA ASET RESMI NEGARA INI,SEKOLAH TINGGI2 HANYA INGIN MENDAPATKAN ILMU PEMERASAN DAN PUNGLI..KENAPA ADA KALIMAT "HINDARI CALO" DAN KENAPA TIDAK MENULIS KALIMAT "HINDARI PUNGLI"

    BalasHapus
  71. Tanggal 2 Mei 2016 lalu, saya mutasi motor dari Jakarta Pusat ke Cilegon Banten. Saya berangkat ke samsat gunung sahari di depan WTC mangga dua. Berangkat pagi2 banget, biar pas jam buka, kita udah ada di tempatnya. Di tempat cek fisik, motor saya di gesek sama teknisi yang ada di situ. Dari awal, saya bertekad dan berkomitmen untuk tidak memberikan uang tips ke petugas. Setelah selesai digesek, saya ucapin terima kasih ke petugas nya. Dia kayaknya kurang berkenan, trus saya dilihatin aja sama dia. Orang2 yang lain, saya liat ngasih sekedarnya. Sy gak mau ngasih, karena sesuai spanduk yg ditempel dimana2 di samsat itu, bahwa No Pungli. Selain ini juga, di saat lagi digalakkan anti korupsi, masa kita masih gak berubah. Petugasnya juga diem aja, gak berani nagih minta tips ke saya. Ya udah, saya pindahin motor ke parkiran deket mesjid.
    Saya kemudian diarahkan ke lantai 4 untuk mutasi keluar. Saya di diterima oleh petugas polisi berinitial JS. Saya ditawari oleh oknum ini, bahwa "bapak mau kolektif atau sendiri mengurus ke Komdak nya?" Saya tanya "bedanya apa?" Trus dia bilang "kalo kolektif kena biaya 325rb, tapi karena motor ini atas nama bapak sendiri, sy kasih diskon jadi 225rb" Beeeuuuuhhhhh kayak mall aja ada diskon segala, kata saya dalam hati. Karena sejak awal, sy berkomitmen untuk mengurus sendiri dan tanpa pungli, saya bilang "Bismillah pak, saya urus sendiri saja". Trus kata dia "tapi bapak harus yakin ya ke Komdak nya. Harus bisa meyakinkan bahwa bapak mau mutasi" Naahhh.... mulai si oknum ini mengintimidasi saya, bahwa prosesnya bakal sulit di komdak. Sy bilang sekali lagi ke dia "iya pak Bismillah". Akhirnya si petugas itu bilang " Ya udah bapak bayar 75rb untuk PBNP" Pembayaran ini resmi dan sesuai dengan Undang2 yang dipampang di depan loket. Saya bayar uangnya, setelah saya dapat tanda terima. " Bapak datang lagi 3 hari kemudian ya, untuk ambil berkas"
    Hari pertama di Samsat Gunung sahari selesai. Tinggal ambil berkas selanjutnya.


    Bersambung......I

    BalasHapus
  72. Banyak hal...yg bikin kita resah dan ogah mengurusnya....

    Pantes saja dan jgn salahkan kalau banyak motor bodong.....#karena mau ngurus aja muter-muter duitnya

    BalasHapus
  73. Mutasi masuk k karawang,, minta surat rekomendasi polda jabar 200rb, kolektif... Cross check berkas 100rb baru bisa d ambil 10 hari kemudian,, stelah 10 hari ngambil berkas suruh k bagian bpkb 50rb hnya untuk selembar kertas yg d tulis nopol baru,, bayar 366 sepertix untuk pajak.... Semoga g berkah buat mereka karena 1 rupiah pun akan d pertanyakan dan d minta pertanggung jawabkan d akhirat kelak!!!

    BalasHapus
  74. Sy baru aja mutasi dri bogor kota ke kabupaten bogor, sy baru keluar dana cuma 75.000 saja..berkasnya 1 minggu d kabarin,cuma lagi nunggu kira2 ada biaya apalagi nih

    BalasHapus
  75. Ribet banget.
    parah nih. Muter2.
    gx semudah yg saya bayangkan.
    saya mutasi bekasi ke lampung. Baru bayar 75 ribu bpkb dan stnk di setorkan.
    Di ambil setelah 5-6 mggu.
    Ini sudah minggu ke 5 jalan ke enam. Tp belum ada sms.
    Gx tau gmn lagi selanjutnya. Pusing ngurus mutasi. 😩

    BalasHapus
  76. senin 16 jan 2017 barusan kelar mutasi masuk ke kab bogor dari jakarta barant. untuk proses cabut berkas di jakbar minta tolong orang karena waktu dan jarak, selesai kurang lebih 1 bulanan. proses mutasi masuk ke kab bogor dimulai senin 10 jan 2017 di samsat kab bogor(datang jam 9 pagi sampai jam 11an), prosesnya kurang lebih sama dengan yang disampaikan di atas, memang ada stiker informasi tentang rekomendasi polda jabar, tetapi waktu itu saya dan rombongan waktu itu tidak diminta/ditanyain, langsung dapat lembar kertas agar kembali senin depan yaitu 17 jan 2017. dan saya pun kembali senin 17 jen 2017 jam 8 pagi, prosesnya sesuai yg diceritakan diatas, berkas saya bayarnya 427ribu untuk motor vario (antri bayarnya ini yg lama, hampir 2 jam). setelah dpt bukti bayar langsung ke workshop plat nomor dan setelah antri plus dipotong istirahat jam 12 sampai jam 1, dapatlah itu plat nomor, stnk, dan bpkb kembali sampai sekitar jam 2 siang baru kelar. kesan saya: sudah tidak terlihat calo berkeliaran dan 99% ngurus sendiri, juga tidak ada pungli yang saya rasakan semua free cuma biaya 427rb sesuai di stnk. cuma memang atriannya banyak banget. semoga menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  77. Gak jauh beda sama ane,broo. Barusan ane mutasi motor di samsat sumber cirebon. dan untuk pencabutan berkas sampai tanggal 24 april bulan depan.Kena biaya mutasi 350+10 ribu uang tip petugas penggosok motor. Terus gk ada nota'y gan.kemudian saya tanya Lho pak kok gk ada nota pembayaranya ya. Petugas bilang,itu kan sudah ada surat tanda terimanya (pengganti stnk + faktur jalan). Saya bingung sambil perpikiran,kesanya gk yambung. Saya tanya apa, dia jawab apaaa...tpi dripdaa buang waktu,tanpa berpikir panjang saya lngsung bergegas pulang.

    BalasHapus