Mutasi dan Balik Nama Mobil

Berikut pengalaman saat memindahkan administrasi mobil milik orang tua dari Jakarta Utara ke Cibinong.

Cek Fisik Bantuan Di Wilayah Tujuan

Berhubung sudah pindah ke Cibinong, maka saya harus memindahkan registrasi mobil sekaligus balik nama karena ortu sudah malas ngurus-ngurus surat-surat mobil.

Karena saya malas bawa mobil ke Jakarta, Selasa 21 Pebruari 2012, saya bawa mobil ke kantor samsat Cibinong. Lalu saya datang ke loket cek fisik untuk minta cek fisik bantuan. Lalu petugas memberi formulir dan stiker gesek sambil menyuruh saya turun ke lokasi cek fisik.

Kemudian saya serahkan formulir tersebut ke petugas gesek. Kami kemudian pergi bersama ke tempat parkir mobil. "Berapa?" tanya saya ke petugas gesek. "Terserah aja pak" jawabnya. Lalu saya kasih Rp. 10.000 karena lokasi nomor mesin agak susah, kotor kena oli, dan mesin masih panas pula.

Setelah itu saya kembali ke loket cek fisik sambil memberikan formulir yang telah diparaf oleh petugas gesek. "Untuk keperluan apa?" tanya petugas loket. Saya jawab "untuk cabut berkas dari Jakarta lalu mutasi masuk ke Bogor". "Kalau begitu difoto aja sekalian, biar nanti pas mutasi masuk nggak perlu cek fisik lagi. Nanti kasih aja tukang fotonya 50 ribu kek" kata petugas loket sambil menyerahkan formulir yang telah diberi cap. "Dimana pak ambil fotonya?" tanya saya lagi. "Ditempat cek fisik tadi" jawab petugas.

Akhirnya saya turun lagi untuk foto mutasi masuk. Oleh petugas foto saya disuruh berdiri disamping mobil yang telah digantungi tulisan "Mutasi Masuk". "Berapa pak?" tanya saya. "Terserah aja?" jawabnya. Lalu saya kasih Rp. 20 ribu. Lalu tukang foto memberi tanda terima kepada saya "Ini diserahkan saat mutasi masuk, mobil nggak perlu dibawa lagi". Setelah memasukkan tanda terima ke dompet, saya langsung pulang.

Cabut Berkas, Mutasi Keluar Daerah

28 Pebruari 2012, sekalian mengambil berkas mutasi sepeda motor yang sudah saya masukkan sebulan sebelumnya, saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Utara untuk memproses mutasi mobil.

Setelah tiba saya langsung ke loket mutasi keluar di lantai 2. "Legalisir dulu cek fisiknya ke loket cek fisik" kata petugas loket. Saya segera turun ke loket cek fisik. Sambil menyerahkan formulir cek fisik bantuan, KTP, dan STNK asli. Setelah menunggu kira-kira 5 menit petugas memanggil nama saya, lalu ia menyerahkan legalisir sambil berkata "30 ribu". Petugas kemudian menerima uang dari saya tanpa menyerahkan kwitansi.

Lalu saya kembali masuk ke gedung utama lantai 2 ke bagian mutasi. Dibagian mutasi saya saya berikan legalisir cek fisik ke petugas bagian mutasi. Lalu saya diberi formulir yang harus diisi. Setelah itu saya disuruh serahkan formulir dan berkas tadi ke bagian input data komputer. Disini diminta fotokopi KTP (domisili tujuan), STNK, dan BPKB masing-masing 2 lembar. Setelah proses input selesai saya diminta bayar Rp. 5000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh menyerahkan berkas ke bagian mutasi lagi.

Setelah menunggu sekitar 15 menit saya dipanggil dan diminta bayar Rp. 325.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya diberitahu bahwa proses menunggu kira-kira 3 pekan. Untuk itu saya diberi tanda terima dan fotokopi STNK & BPKB yang telah dilegalisir untuk dipakai dijalan sebagai pengganti STNK asli. Petugas meminta nomor HP saya sambil mengatakan "Kalau sudah selesai, nanti di-SMS".


Sebulan Kemudian

Sudah lebih dari 3 minggu tapi saya belum dapat SMS dari kantor samsat Jakut. 5 April 2012, kebetulan saat sedang ada keperluan di Jakarta, saya mampir dulu ke kantor samsat untuk menanyakan berkas. "Belum selesai, besok mungkin kelar" jawab petugas di loket mutasi.

Dua hari kemudian

7 April 2012, walaupun belum ada SMS pemberitahuan, saya kembali ke kantor Samsat di Mangga Dua naik kendaraan umum. Saya segera naik ke lantai 2 ke bagian mutasi sambil menyodorkan karcis tanda terima. Lalu saya diberi berkas-berkas dan disuruh naik ke lantai 5 ke bagian Fiskal.

Di bagian fiskal langsung saya serahkan berkas tadi ke loket. "Mas ke loket depan aja, blanko-nya habis" kata petugas loket sambil menunjuk ke loket fiskal Samsat Jakarta Pusat yang kebetulan berada di gedung yang sama. Kira-kira 10 menit menunggu, lalu saya dipanggil. Petugas memberikan berkas sebelumnya ditambah bukti pembayaran fiskal, disini saya tidak diminta uang seperti saat mengurus mutasi motor bulan lalu. Setelah saya bayar, petugas menyuruh saya untuk ke bagian arsip STNK di lantai 1.

Saya segera serahkan berkas ke petugas di bagian arsip STNK. Setelah menunggu 5 menit, petugas menyerahkan berkas sebelumnya ditambah arsip STNK sambil meminta biaya Rp. 10.000 (tanpa kuitansi). Lalu saya disuruh ke Polda Metro Jaya di Komdak Semanggi untuk mengambil arsip BPKB (arsip terselip).

Saya segera ke Semanggi dengan menumpang Busway. Setelah sampai, saya segera ke loket arsip BPKB yang letaknya di bawah gedung Traffic Management Center (TMC) lantai 1. Disana saya segera serahkan semua berkas dari Samsat Jakut ke petugas di loket penerimaan berkas. Petugas segera memeriksa berkas, dokumen yang tidak diperlukan dikembalikan ke saya. Lalu petugas memberi saya karcis tanda terima sambil berkata "Bisa diambil kira-kira 5 hari". Lalu saya pulang.

Ambil Arsip BPKB di Polda Metro Jaya

Sabtu pagi, 14 April 2012, saya pergi lagi ke Polda Metro Jaya. Setelah tiba, saya serahkan ke loket pengambilan. Setelah menunggu 5 menit lalu petugas memanggil dan menyerahkan berkas untuk dibawa ke Cibinong.

Ringkasan Proses Mutasi Keluar:


LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Cibinong Cek Fisik Cek fisik bantuan, serahkan KTP pemilk baru + STNK asli, diberi stiker gesek dan formulir 5 menit 0
Lokasi Gesek Serahkan stiker dan formulir, petugas menggesek nomor kendaraan, foto mutasi masuk 15 menit terserah
Cek Fisik Serahkan hasil gesekan 15 menit 0
Samsat Jakut Cek Fisik Legalisir cek fisik bantuan 5 menit 30.000
Mutasi Keluar Serahkan hasil cek fisik, ktp pemilik baru asli + 2 fotokopi, stnk asli + 2fotokopi, bpkb asli + 2 fotokopi), berkas dikembalikan, disuruh isi formulir 10 menit 0
Input Data Komputer serahkan berkas + formulir yg telah diisi 5 menit 5.000
Mutasi Keluar serahkan berkas, diberi tanda terima, diminta no HP 15 menit 325.000
Tunggu 1 bulan
Samsat Jakut Mutasi Keluar Serahkan tanda terima, ambil berkas 5 menit 0
Fiskal Serahkan berkas 20 menit 0
Arsip STNK Serahkan berkas 5 menit 10.000
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan berkas dari kantor Samsat, diberi tanda terima 10 menit 0
Tunggu 5 hari
Polda Metro Jaya Arsip BPKB Serahkan tanda terima, terima berkas 5 menit 0

Lihat animasi prosedur mutasi keluar (gunakan Firefox/Chrome: klik untuk maju dan klik-kanan untuk mundur) atau cetak PDF nya.

Catatan
Belakangan saya baru tahu bahwa biaya resmi penerbitan surat mutasi keluar daerah adalah Rp 75.000 (lihat foto PP no.50 th 2010 dibagian akhir artikel ini). Jadi biaya Rp. 325.000 itu untuk apa saja ya?

Mutasi Masuk

Kamis 18 April, saya pergi ke kantor Samsat Cibinong. Saya serahkan semua berkas dari Jakarta ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu 10 menit saya dipanggil. Petugas menyerahkan berkas sambil menyuruh saya untuk ke bagian cek fisik.

Saya serahkan berkas ke loket Cek Fisik sambil memberikan tanda terima foto mutasi masuk yang sudah dilakukan sebelumnya, jadi saya tidak perlu lagi melakukan cek fisik. Setelah menunggu kira-kira 5 menit, saya dipanggil petugas. Saya diberi berkas sambil disuruh kembali ke loket Mutasi Masuk. Setelah menunggu kira-kira 20 menit petugas memanggil sambil memberikan berkas. "Fotokopi dulu 2 kali" katanya. Saya segera ke konter fotokopi yang ada di lingkungan kantor samsat, ternyata antrinya banyak. Lalu saya pergi ke konter fotokopi diluar. "Bu, tau fotokopi untuk mutasi masuk nggak, karena saya nggak tau apa aja yang harus difotokopi" kata saya ke tukang fotokopi. "Bisa!" katanya.

Setelah selesai saya bayar Rp. 5500 dan segera kembali ke loket mutasi masuk. Selanjutnya saya menunggu lagi. Kira-kira 30 menit kemudian saya dipanggil, petugas menyerahkan berkas, lalu saya disuruh tanda tangan tanda serah terima berkas lalu berkata "Pak, harus ke Bandung untuk minta surat rekomendasi dari Polda Jabar".

Karena sudah punya pengalaman sebelumnya, langsung saja saya bilang "Pak, titip aja ke Bandung, nanti uangnya saya berikan". Lalu saya mencari tempat agak sepi sambil memasukkan uang Rp 200 ribu ke dalam map berkas". Lalu saya masukkan kembali map tersebut ke loket mutasi sambil berkata "Pak, ini saya mau nitip urus surat rekomendasi ke Bandung". Lalu petugas memberi surat keterangan pengganti STNK untuk berkendara. "Oke pak Senin udah bisa diambil" katanya.



Ganti BPKB, STNK, dan Nomor Kendaraan

Sabtu 28 April 2012 saya kembali ke Samsat Cibinong. Saya serahkan surat keterangan ke loket Mutasi Masuk. Setelah 5 menit menunggu saya dipanggil dan diberi berkas. Lalu saya disuruh ke bagian pendaftaran.

Di bagian pendaftaran, berkas dicek. Kira-kira 15 menit petugas memberi saya berkas lalu saya disuruh pergi ke bagian BPKB. Di bagian BPKB saya disuruh mengisi formulir. Lalu saya diminta Rp. 130 ribu (tanpa kwitansi). Petugas kemudian memberi tanda terima sambil berkata "ini untuk mengambil BPKB-nya di Polres, dua minggu lagi, jangan hilang". Lalu petugas menyerahkan berkas sambil menyuruh saya kembali ke bagian pendaftaran.

Di bagian pendaftaran, berkas dicek, lalu saya disuruh minta formulir pendaftaran ke loket formulir. Di loket formulir saya serahkan berkas sambil bilang "Mutasi masuk pak". Lalu saya diberi formulir untuk diisi. Setelah mengisi formulir saya kembalikan ke loket pengembalian formulir, lalu petugas menyurus saya untuk beli map warna merah. Setelah beli, saya serahkan map merah tersebut. Petugas lalu memberi formulir lain sambil berkata "Formulir diisi lalu kembalikan ke loket pendaftaran".

Setelah saya isi, saya segera kembalikan ke petugas pendaftaran. Petugas memberi karcis berisi nomor kendaraan yang baru (kode F) sambil berkata "Silakan duduk, nanti dipanggil".

Sudah banyak orang yang menunggu. Setelah menunggu sekitar 1 jam, saya dipanggil ke loket pembayaran. Ternyata saya kena denda karena sudah lewat 4 hari sejak tanggal kadaluwarsa STNK yang terakhir sebesar Rp. 100 rb. Total biaya yang harus saya bayar Rp. 870.000.

Setelah menunggu 20 menit, saya dipanggil lagi. Petugas memberi saya STNK baru, dan tanda bayar pajak sambil mengatakan "Pelat nomor bisa diambil di bagian produksi TNKB."

Lalu saya pergi ke bagian produksi pelat sambil menyerahkan STNK yang baru. Petugas meminta 1 fotokopi STNK tersebut. Setelah fotokopi STNK saya berikan, saya diminta Rp. 10.000, lalu saya disuruh menunggu. Sekitar 5 menit pelat nomor pun jadi.

Catatan:
Saya tidak kena Biaya Balik Nama karena saat itu Pemprov Jabar sedang menggratiskan BBN.

Ambil BPKB Baru

3 minggu kemudian saya kembali untuk Polres Kab. Bogor (Cibinong) untuk mengambil BPKB. Tanda terima saya serahkan, 5 menit kemudian BPKB baru atas nama saya sendiri bisa saya bawa pulang.

Rangkuman Proses Mutasi Masuk:


LokasiLoketTindakanLama TungguBiaya
Samsat Cibinong Mutasi Masuk Serahkan berkas 5 menit 0
Cek Fisik Serahkan berkas dan tanda terima foto mutasi masuk 5 menit 0
Mutasi masuk Serahkan berkas 30 menit 0
Konter fotokopi Fotokopi berkas 2x 15 menit 5.500
Mutasi masuk Serahkan berkas + fotokopinya, terima berkas, minta surat rekomendasi dari Polda Jabar (Bandung) 30 menit 0
Titip urus kolektif ke Polda Jabar (Bandung), diberi surat keterangan pengganti STNK 1 menit 200.000
Kurir kolektif berangkat Jumat, Senin sudah bisa diambil
Samsat Cibinong Mutasi masuk Serahkan surat keterangan, ambil berkas 5 menit 0
Pendaftaran Serahkan berkas 20 menit 0
BPKB Serahkan berkas, isi formulir pembuatan BPKB baru, diberi tanda terima untuk ambil BPKB 2 pekan berikutnya di Polres 15 menit 130.000
Formulir Serahkan berkas, diberi formulir, isi formulir, beli map merah 15 menit 1.000
Pendaftaran Serahkan berkas, tunggu dipanggil 1-2 jam 0
Pembayaran Bayar pajak, lalu tunggu dipanggil 30 menit Pajak sesuai kendaaran
Penyerahan STNK & BPKB Ambil STNK baru 5 menit 0
Produksi Pelat Serahkan STNK, ambil pelat nomor 5 menit 10.000
Tunggu 2 pekan
Polres Kab. Bogor Urusan BPKB Serahkan tanda terima, BPKB atas nama pemilik baru bisa dibawa pulang 10 menit 0

Lihat PDF nya.

Info Tambahan




73 komentar:

  1. ribet amet birokasinya, dibuat susah diminta uang tambahan diluar ketentuan lagi.................ck ck ck

    BalasHapus
  2. polda= polisi dagang birokrasi, polres = polisi rese, polsek=polisi brengsek 86 lanjut

    BalasHapus
  3. Setelah lama searching, blog Agan inilah yg paling gamblang menerangkan proses mutasi kendaraan dengan lengkap. Malah dilengkapi estimasi waktu dan biayanya. Salut, terimakasih atas pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya tambahkan juga ilustrasi dalam bentuk animasi dan PDF nya.
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Super ribet....inilah birokrasi di indonesia

    BalasHapus
  5. tx. pengalamannya.
    jadi maju mundur nie...jual lagi apa balik nama?

    BalasHapus
  6. saya juga mau balik nama tapi ada beberapa kendala. mobil tahun 1973
    1. pajak terlambat 1 tahun
    2. warna mobil tidak sama dengan yg di stnk
    3. nomor rangka depannya tidak ada huruf SA sedangkan di stnk ada
    4. nomor mesin kurang angka satu digit
    misal nomor mesin: SA12334567
    nomor di stnk: SA1234567
    jadi kurang angka "3"

    bagi yang sudah pengalaman mohon informasi penyelesaiannya
    terimakasih

    HARTONO
    03171525917

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak menutup kemungkinan itu penipuan Pak.

      Hapus
  7. Masih ada juga ya praktek pungli spt itu... klu mslh foto bareng sama kendaraan apa mang peraturannya kaya gitu ya pak... misal tu foto jatuh tau ketuker tau apa aja bs aja terjadi.. ke bagian kriminal Pencurian penggelapan dll... *#@)$&$+@%@-#%..niat mutasi malah jd DPO pak.. Tersangka dan Barang Bukti.. maaf pak bercanda... seandainya saja.. bisa saja kan pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua mungkin terjadi. Tapi yang jelas, perintah foto datang dari petugas di loket mutasi. Kalau saya nggak mau difoto nanti urusan saya nggak selesai-selesai. Tidak ada pilihan lain.

      Hapus
  8. pak muyanto boleh tanya, itu surat rekomendasi polda jabar ada contohnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, waktu itu saya tidak ada pikiran untuk memotret surat tsb.

      Hapus
  9. BPKB mbil sya blm ada,msh pke nm pmilik 1..kmarin ngbrol dgn pihk leasing meminta anggaran 3,5-4 jt mutasi dr jak ke kab bogor!!

    BalasHapus
  10. Trimakasih atas blognya yg sangat bermanfaat mas, sy jg mw mutasi kndaraan dr jkrta k bogor, duh...ribet betl ya...jd mikir bwt jual aj, trus ntr beli bru pkai ktp bogor..huh

    BalasHapus
  11. gan, mau minta pendapat sama solusi kalo berkenan nih.

    pada tanggal 24 juni kmaren ane ngurusin balik nama di samsat tangsel. ane ngurus dari awal sampe jadi plat mobilnya sendiri. tinggal ganti nama di bpkb. pas ane bayar di loket pembayaran, polisi yg di dalem loket nawarin jasa ngurus balik nama ngomongnya kolektif gitu tarifnya 200rb dan 3 minggu beres. berhubung ane kerja di bandung, ane harus cepet2 balik bandung dan pada saat itu ane ga sempet ke polda metro jaya buat ngurus ganti nama di bpkb. akhirnya ane terima tawaran polisi itu. ane ngasih uang berikut nomer ane dan polisi itu juga ngasih nomer dia ditulis di kwitansi pembayaran pajak. katanya kalo beres ane langsung di kabarin. sampai kmaren jumat ane belum dapet kabar lalu ane telfon polisi itu. katanya di poldanya lambat. nah setau ane kalo bpkb lama kan cuman sekedar nulis ganti nama aja kan di bpkbnya tanpa harus ganti bpkb baru. nah ane minta pencerahannya gan. ane bingung banget sampe sekarang ane harus ngapain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya dlm kondisi ini, spt nya saya tdk punya pilihan selain kontak terus dgn petugas tsb. Krn semua surat2 sdh diserahkan ke dia. Ada yg punya pengalaman spt ini? Silakan dibagi.

      Hapus
    2. Benar sekali Pak, saya sekarang juga sedang punya kasus yg sama, sampai sekarang saya masih kontak dengan oknumnya, dan sekarang masih dalam proses mutasi masuk itupun harus saya pantau terus perkembangannya memang agak ribet jadinya tapi mau bagaimana lagi karena saya sendiri belum ada waktu untuk mengurus sendiri. dan alasan saya balik nama karena sudah kena pajak progresif, setelah saya membaca artikel ini berarti kemungkinan bakalan masih lama baru jadi hehehe akan tetapi jangka waktu habis masa pajak masih 2 bulan lagi

      Hapus
    3. Semoga Allah swt memudahkan urusan pak Syauqi.

      Hapus
    4. Amin dan Alhamdullilah, sudah keluar STNKnya. Tinggal tunggu BPKB dan plat nomer. Terima kasih do'a nya Pak Nuke

      Hapus
  12. Itulah mengapa sampai saat ini saya rela berkorban waktu. Saya tahu nitip berkas-berkas penting seperti ini sangat beresiko. Bagi para calo (siapapun itu) hilangnya berkas kita bukan masalah yang berarti bagi mereka. Karna sudah di himbau dari pihak kepolisian (hindari berhubungan dengan calo).

    BalasHapus
  13. Pa, kalau mutasi dan balik nama plat merah ke hitam dari Jakarta ke cibinong apa ada perbedaan untuk biaya dan prosesnya? Terimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf, saya belum pernah berurusan dengan pelat merah. Pelat merah maksudnya ex-kendaraan dinas pemerintah kah?

      Hapus
  14. Mas. Kalo mai mutasi dan balik nama tanpa KTP pemilik yg lama(sudah gk punya kontak pemilik lama) tp punya kwitansi pembelian bermaterai kira2 bisa gk mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, yang penting KTP pemilik baru. Menurut pengalaman saya KTP pemilik lama tdk diminta petugas. Bahkan kuitansi pun tidak ditanya oleh petugas.

      Hapus
  15. Mas, bisa dibantu solusinya. Saya mau balik nama dari plat H kota Semarang ke plat H Kabupaten. Berhubung domisili saya di luar Jawa maka saya minta tolong kenalan untuk mengurusnya. Setelah sekian bulan akhirnya berkas2 dikembalikan lagi kepada saya dalam status sudah dicabut dari samsat asal dengan alasan sibuk tidak sempat terus ke samsat tujuan. Berkasnya lengkap satu bendel. Pertanyaan saya, apakah ada batasan waktu maksimal antara berkas dicabut (mutasi keluar) dengan berkas masuk (mutasi masuk). Apakah diharuskan cek fisik di samsat tujuan? Sementara tidak mungkin saya membawa mobil ke Semarang karena pasti butuh waktu dan biaya. Apa cek fisik bantuan diperbolehkan seperti saat mutasi keluar? Terima kasih sebelumnya Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya tidak tahu solusinya. Tapi saya punya saran:

      Anda coba datang ke kantor Samsat tempat mobil anda berada sekarang (di luar Jawa?). Coba tanyakan apakah bisa minta cek fisik bantuan untuk keperluan mutasi masuk ke Kab. Semarang. Sehingga anda tidak perlu membawa mobil jauh-jauh ke Kab. Semarang. Mudah-mudahan mereka bisa kasih solusi.

      Semoga berhasil.

      Hapus
  16. Terimakasih, the best info for me.

    BalasHapus
  17. Saya juga minta pencerahannya Gan, saya beli mobil second di BPKB Nama pertama Samsatnya Bekasi terus pindah tangan kedua Samsat Jakarta Timur.
    Mobil mau saya mutasi ke Jawa Tengah (Purwodadi, Semarang) Pertanyaanya :

    1. Saya harus cabut berkas di Samsat Bekasi atau Samsat Jakarta Timur ?

    2. Untuk Pengurusan BPKB apakah harus sampai Polda Metro Jaya (Gedung Biru) ataukah sudah beres jadi satu di Samsat waktu cabut berkas ?

    Saya tunggu jawabannya Gan, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pastinya saya tidak tahu, tapi menurut logika sih harusnya Anda ke tempat tangan yang terakhir yaitu Samsat Jakarta Timur.

      2. Menurut pengalaman saya, berkas BPKB ada di Polda Metro Jaya. Karena dari samsat (setelah urus STNK) saya diarahkan oleh petugas Samsat ke Polda Metro Jaya untuk ambil berkas BPKB. Tapi dijalani saja dulu dari Samsat, nanti biar petugas yang mengarahkan Anda apakah harus ke Polda Metro atau tidak.

      Hapus
    2. Terima kasih Gan jawabannya. Karena lewat Biro Jasa mahal (mintanya 1 jt lebih) akhirnya Ane nekad Gan.
      Berbekal Cek Fisik Bantuan dari Jawa, tanggal 12 Agustus 2015 saya meluncur ke Samsat Kebon Nanas sampai Jam 7.45 WIB (dari rumah kakak Bekasi habis Adzan Subuh naik KRL sampai Jatinegara {2 rb} turun terus naik angkot 06A {4 rb) turun pas depan Samsat Kebon Nanas), clingak-clinguk sebentar cari tempat cek fisik untuk legalisir nunggu 5 menit jadi {gratis} terus kelantai 2 loket no.5 masukin berkas diteliti sama petugas diberi tanda terima berkas diambil 1 bl. lagi, selesai sekitar jam 09.30 WIB, terus pulang kerumah kakak lagi ke Bekasi, sorenya kembali ke Jawa.

      Bersambung............................!

      Hapus
    3. Semoga Allah swt memudahkan urusan Anda.

      Ngomong-ngomong di loket terakhir anda tidak diminta uang?

      Hapus
    4. Sambungan...............................!

      (Lupa Gan, Bayarnya 200 rb)

      1. Tanggal 15 September 2015 ambil berkas sudah jadi terus ambil arsip digedung belakang (gratis) ternyata kurang arsip BPKB (atas saran Bapak Polisi yg memberi berkas harus diurus ke Polda Gedung Biru) bingung juga Gan.........

      2. Sekitar jam 09.00 WIB saya naik ojek Gan, dari Samsat Kebon Nanas ke Polda Gedung Biru (40 rb) takut kesasar Gan.

      3. Sampai Polda jam 10.00 kurang Gan, tapi jalan macetnya minta ampun, sampai Gedung Biru tanya Provost yang dipintu masuk Gan, diarahkan langsung ke lantai 2 loket 9 berkas diminta ada 3 : Surat Pengganti STNK, Pengantar Ke Polres tujuan, Daftar kelengkapan Mutasi (jadi 5 hari dan gratis Gan)

      4. Tanggal 25 September 2015 (baru sempat Gan) ke Komdak ambil berkas, alhamdulilah kelar terus pulang naik kopaja 66 arah manggarai Gan (4 rb) jalan sedikit ke stasiun manggarai (2 rb) ke stasiun bekasi terus tidur jam 16.00 pulang ke Jawa.

      5. Tanggal 26 September 2015 langsung gan jam 09.00 masukkan berkas ke Samsat Kota ane Gan, :

      a. Ke bagian Cek Fisik karena dulu cek fisik bantuan Gan jadi tingal legalisir saja (gratis) terus ke bagian kroscek data mutasi (30 rb) lalu daftar BPKB baru kurang lebih 2 bl prosesnya (100 rb) kurang lebih 30 menit nunggunya Gan.

      b. Masuk Gedung Samsat minta surat SPOPD lalu ke bagian mutasi masuk (diberi blangko isi sendiri contoh ada) gratis terus disuruh nunggu (sekitar 30 menit tanpa no urut)

      c. Panggilan kasir bayar dengan rincian BBN 459 rb, PKB 675 rb, SWDKLLJ 157.700, Adm STNK 75 rb, Adm TNKB 50 rb (Total : Rp. 1.407.700) plat habis nunggu Maret 2016, waduh lama amat pak........

      d. Urusan kelar jam 10.25 WIB pulang bayar parkir 2 rb,
      sekarang sudah bisa tidur nyenyak Gan

      Tamat.

      Hapus
    5. Terima kasih sudah berbagi pengalaman.

      Hapus
  18. Terimakasih sharing nya pak Nuke.

    saya jadi ragu-ragu mau pindahin mobil dari bekasi ke cibinong. kayaknya ribet banget ya..

    BalasHapus
  19. Gan mau tanya kl biaya balik nama saja dr pemilik 1 ke pembeli itu kena biaya mutasi juga tidak ?
    contoh kasus sy ambil mbl plat F kab bogor(Cibinong) dan sy mau balik nama ke sy (Cibinong), itu biaya yg dikenakan hanya balik nama saja atau ada biaya mutasi juga.
    mohon infonya dan kurang lebih perincian biayanya apa saja ya...
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mutasi adalah pindah daerah, jadi harusnya utk kasus Anda tidak terjadi mutasi, hanya balik nama saja.

      Soal biaya balik nama saya tidak tahu pasti sekarang. Dulu saya bebas biaya balik nama karena dulu pas ada program penggratisan dari pemprov Jabar.

      Hapus
    2. Mas nuke maaf sy mau tanya. Kbtulan sy awam utk mslh ini, sy mau mutasi blik nma dr pulau sumatra masuk k bogor kab, blik nma dr bpk(alm) k ibu sy, krna sy sbg ank yg mngurus apa perlu surat kuasa bermatrai pak di samsat kab? Apa perlu kwitansi pembelian?(sdgkan mobil msh tgn1 dr baru dan pindah nama tnpa membeli) apa faktur pembelian yg harus dsertakan? Trus ktp (alm) bpk sy hilang mas, apa bs dganti dgn paspor atau surat ket kematian jk sewaktu2 diminta oleh smsat cibinong mas?
      Maaf klo kpanjangan, dtunggu pencerahannya mas nuke!

      Hapus
    3. Dulu saya juga mutasi sekaligus balikn nama dari ortu saya. Sudah saya siapkan kuuitansi bermaterai dan fotokopi KTP ortu saya. Ternyata tidak ditanya sama sekali. Yg ditanya adalah BPKB, STNK, dan KTP saya. Surat kuasa dan faktur pajak juga tidak diminta. Itu pengalaman saya. Tapi kalau untuk sekedar jaga-jaga juga baik daripada bolak-balik ke Sumatera.

      Hapus
  20. Terimakasih mas nuke atas jawabannya, sy masih bingung mas utk surat rekomendasi polda jabar itu klo mengurus kolektif minta tlong pas di samsatnya apa di kntor polres mas? Apa rasanya utk tahun skrg biayanya ttap? sy tkutnya krna pndatang dr luar pulau jawa malah "diperas" oknum baju coklat tdk brtanggungjawab dlm pembuatan surat tsb (pengalaman buruk klo brkndara dgn mobil plat sumatra di jabodetabek dan bndg, slalu dcari2 ksalahan oleh oknum demi bbrapa lmbar rupiah). Karna alasan itu sy berniat mutasi secepatnya mas biar bs brkendara djalan dgn tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengurus kolektif di samsat. Silakan cek lagi artikel daya diatas dan tabel mutasi masuk. Biaya pengurusan kolektif sudah dipatok oleh oknum di loket mutasi tsb. Kalau biaya resminya sendiri di Bandung saya tidak tahu. Rp 200rb itu utk biaya kurir yg ke Bandung. Silakan baca kembali artikel saya diatas untuk detilnya. Anda juga bisa unduh & cetak berkas .pdf yg daya sebagai ilustrasi alur proses baik mutasi keluar/masuk, balik nama, sampai keluar STNK baru.

      Kalau soal diperas, mungkin saya dulu juga diperas karena biaya yg saya keluarkan jauh lebih besar dari biaya resmi. Tapi saya juga tdk bisa protes apa lagi melawan. Ya pasrah saja.

      Bismillah saja, niatkan untuk membantu orang tua dan kebaikan keluarga. Kita jalani dan nikmati saja "permainan" ini, insya Allah nanti dimudahkan urusan Anda.

      Hapus
  21. Mau nanya nih kalo misalkan mau balik nama tapi kendaraan bpkb masih dileasing , cukup foto kopi bpkb sama surat pengantar dr pihak leasing aja ? Atau bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya harus semua dokumen harus asli. Coba konsultasi dgn leasingnya.

      Hapus
    2. Mas dani, leasing nya yang akan uruskan balik namanya, sy jg dlu gitu, balik nama dan leasing nya yg ngurus..qt tinggal siapin berkas2 sj yg d butuhin..benar kata pak nuke, lbih baik konsultasikan aja ke leasingnya untuk lebih jelasnya...

      Hapus
  22. Gan, pjk kndaraan 5thn sy mau hbis per awal taun depan, sy mau sekalian mutasi blik nama dr jakarta k kota bogor, klau diurus cabut berkas kan nunggu kira kira 2mingguan gan smpe kluar suratnya(kburu jatuh tempo), nah yg sy tanyain itu berarti sy byar pkb dijakarta y gan, nanti pas proses mutasi balik nama dbgor apa sy dbebankan lg pkb nya gan? Atau hanya sy byr biaya balik nama mutasinya saja, thanx gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mutasi keluar dari Jakarta tidak ada bayar PKB. Nanti setelah mutasi masuk Bogor dan keluar STNK pelat F baru Anda bayar PKB.

      Hapus
  23. Setau saya kalo bayar pkb di tmpat asal mutasi nanti di tmpat baru bayar pkb lagi. Lbh baik di tmpat asal tdk usah bayar pkb dulu, kalo udh jatuh tempo nanti di tagih denda waktu pembayaran fiskalnya.

    BalasHapus
  24. Halo Mas Nuke & rekan2 disini,bisa minta masukan mya ? :)
    Saya mau BBN mobil dr Yogya ke Gunung Kidul , kebetulan STNK cm akgir desember ini(kr pas mau byr pajak gak bs, dah diblokir sm yg punya). sm yg mau bantu perpanjang sy di ksh rincian kira seperti ini: Cek fisik : 150rb, Cabut berkas :550rb, MPS sjuta (sy nggak tau MPS ini apa, sy browsing dimana2 gak ada yg nyebutin MPS). Mutasi masuk BPKB baru 600rb, BBN 3jt(setahu saya BBN 1% dr NJKB(disamsat harga mobil sy cek online 163juta), kemudian Pajak 3550000(pajak kan PKB ya yg tertera di STNK, pdhal di stnk pkb nya 3.260.000 harusnya kan menururn/thn kr PKB adl. 1,5% dr NJKB, yg berarti 2445000) kmeudian jasa urus 300rb. jd total 10.150.000 . MAHAL sekali ya. tlg pencerahan, terima kasih banyak. salam

    BalasHapus
  25. Kalau diurus sendiri tidak sampai semahal itu. Silakan bandingkan dgn tabel yang saya buat. Tapi kalau menggunakan jasa orang lain pasti ybs ingin dapat untung. Saya juga tidak tahu apa itu MPS.

    BalasHapus
  26. ini yang dicari
    solusi mutasi simdari jakarta
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  27. Mas mau tny,
    Sy rencana mau mutasi & balik nama dr. Jkt ke bar, tny2 sama temen yg disamsat karena pajak telat 4 bulan jadi biaya cabut berkas sekitar 1,6 juta (itu ada pembayaran pajak buat di jkt).
    Kok bisa mahal gt ya,bener ga mas?

    BalasHapus
  28. wah ini sy lagi nyari2 biaya mutasi antar propinsi. jawa barat Kab.bogor to Jawa timur Kb.Nganjuk. malah bacar artikel ini.. jadi merinding... birokrasinya.. dikasih duit aja lamanya minta ampun...gimana solusinya kalo antr propinsi..

    BalasHapus
  29. Mantap gan,terima kasih share pengalamannya

    BalasHapus
  30. Mas nuke , saya mau nanya mutasi ,
    Saya punya motor supra x th 2010 plat F bogor mau saya mutasi ke kota bekasi , naah kira kira biaya nya berapa ya??

    Saya di tawarin sama biro jasa dengan biaya 750rb ,itu murah apa mahal ya? Oia biaya tu blm termasuk pajak motor.

    Saya menunggu jawaban nya mas nuke ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibandingkan dengan biaya resmi yang cuma Rp 75rb jelas mahal sekali. Jika anda mengurus sendiri mungkin bisa lebih hemat.

      Tapi kalau tidak punya waktu dan ada urusan yang lebih menguntungkan ketimbang mengurus mutasi kendaraan, biaya Rp 750rb dari biro jasa mungkin relatif wajar. Apa lagi jika sekarang pungli di samsat masih ada.

      Silakan baca artikel saya tentang mutasi motor dari Jakarta ke Bogor agar bisa memperhitungakan biaya sendiri:

      https://nukepratama.blogspot.co.id/2012/04/mutasi-sepeda-motor.html

      Hapus
  31. Kl kasus saya beda lagi pak, iseng" mau coba urus sendiri, niatnya mau tarik berkas dri jakarta selatan ke depok, via polda semanggi

    - Setelah dpt surat dri loket mutasi keluar (gedung biru) katanya dsruh tunggu 10 hari kerja,
    - 2 mnggu kemdian saya datng lg ke gedung biru lantai 2, tp katanya udah di TU gedung samsat, pas ditanya ke TU petugas bilang udah di oper ke loket mutasi

    1 mnggu kmudian saya dtng lagi, dan jawabanya msh sama sprti itu
    Itu gimana ya pak, kok arsip saya bisa hilang gitu tnpa ada jwban yg jelas, mohon pencerahanya

    Apakah ada kemungkinan arsip saya hilang, bisa" jd motor bodong donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kejar terus ke petugasnya. Yang penting Anda punya bukti tanda terima dokumennya.

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Salam pak nuke ..
    mohon pencerahannya karena sya masih sgt awam ..
    saya berniat ingin mutasi kendaraan mobil dr jakarta ke bogor ..
    apakah proses nya dharuskan ke samsat jakut trlebih dahulu ??
    lalu apa saja persyaratan yg harus saya bawa mengingat saya ingin balik nama jg ??
    dan apa saja langkah2 yang harus saya lakukan untuk mengurus mutasi dan balik nama ??
    trm ksh sblmnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda datang ke Samsat tempat Anda biasa perpanjang STNK. Biasanya satu wilayah dengan alamat di BPKB. Dulu saya tinggal di Tanjung Priok, jadi Samsat nya Jakarta Utara.

      Hapus
    2. Syaratnya:
      KTP asli Anda (bukan KTP pemilik awal), STNK asli, BPKB asli, dan uang tentu saja :-)

      Hapus
  34. Permisi pa nuke salam kenal.info dong gini saya mau beli mobil misalkan no nya B xxxx TJ dan si penjual minta bbn dan saya ktp bogor otomatis jadi plat F.yg ingin saya tanyakan apakah nomor dan kode area tidak berubah jadi hanya kota saja.contoh dr B xxxx TJ jadi F xxxx TJ ......krn saya minat TJ nya itu,makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak ada hubungan antara mutasi dgn pesan nomor.

      Untuk pesan nomor sudah ada tarif resminya. Mulai dari 5jt hingga 20 jt. Tergantung jml angka dan huruf belakang.

      Jadi proses mutasi akan mengubah huruf depan. Jika Anda tidak pesan nomot khusus maka polisi akan memberi nomor acak yg tersedia.

      Tapi kalau Anda ingin nomor khusus tinggal pesan saja dengan tarif tsb.

      Hapus
  35. Permisi pak nuke, kalau arsip terselip di samsat gimana ya? saya sedang mutasi tapi di samsat nya terselip & kesalahan ada di sisi samsat... Arsip terselip. ..apakah nilai jual mobil jadi jatuh karena faktur bpkb terselip ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arsip terselip tidak masalah. Proses mutasi tetap bisa lanjut dan tidak ada hubungannya dengan harga jual kembali kendaraan.

      Hapus
  36. Permisi Pak Nuke, terima kasih artikel dan pencerahannya, izin ada bbrp hal yg ingin sy tanyakan sy berniat akan mutasi kendaraan Mobil sy dari Tangsel ke Tangerang Kota, nah kebetulan skrg prov banten sdg ada program penghapusan biaya balik nama, mutasi, dan denda kketerlambatan. kebetulan kasus mobil sy jg ada keterlambatan pembayaran pajak dr th 2016 lalu...(pajak sktr 2,2jt) nah yg sy tanyakan apakah 1. apakah proses nya msh serumit dan selama itu (yg dituliskan pak nuke)?// sy ditawarkan jasa yg bersedia membantu dgn proses cepat dan minta bayaran sktr 6,5jt,apakah msh dlm hal wajar klo dibandingkan sy harus mengurus sendiri pak...krna yg saya tahu msh ada program smpe akhir bulan ini, mohon pencerahan dan rekomendasi dari sdr... Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya tidak terlalu mengikuti perkembangan kondisi sekarang terkait prosedur, birokrasi proses BBN, mutasi dll, jadi mohon maaf tidak bisa memberi info lebih lanjut. Jika ada blogger/netizen lain yang punya info terkait silakan berbagi informasi.

      2. Terkait jasa pengurusan, jika anda punya waktu sebaiknya diurus sendiri. Sehingga tidak perlu bikin surat kuasa atau menunggu terlalu lama. Luangkan saja waktu untuk cuti beberapa hari tertentu. Tapi jika anda merasa tidak punya waktu atau mungkin waktu anda lebih berharga dari sekedar 6,5jt silakan gunakan jasa pengurusan tsb.

      3. Silakan dimanfaatkan program penghapusan/pemutihan pajak dari pemerintah tsb sebaik-baiknya. Selamat berjuang. Semoga sukses. Jangan lupa dibagi-bagi kisah perjuangannya :-)

      Hapus
  37. Pak nuke...numpang tanya....surat keterangan bpkb terselip saya kok tidak ada stempel nya...apakah bisa di proses untuk mutasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm ... saya juga lupa dulu ada cap nya atau tidak. Dicoba saja pak Ziad. Itu kan surat resmi dari Polda. Harusnya sih tetap berlaku dan bisa diproses lebih lanjut. Saya doakan semoga lancar urusannya.

      Hapus
    2. Hmmm ... saya juga lupa dulu ada cap nya atau tidak. Dicoba saja pak Ziad. Itu kan surat resmi dari Polda. Harusnya sih tetap berlaku dan bisa diproses lebih lanjut. Saya doakan semoga lancar urusannya.

      Hapus
  38. Sya punya pengalaman titip calo.. tapi 2 mnggu setelah saya nitip saya ke calo itu bilang katanya surat nomor rangka nya tidak ada pas cabut berkas.. cuma ada surat keterangan terselip.. katanya sih dari samsat awal sdah hilang arsip nya.. apa betul begitu ya... apa aq yg sdah ketipu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lau bagamana kasus terselpi/hilang tersebut pak sekarang apa sudah bisa berhasil proses mutasi balik namanya?

      Hapus
  39. malam pak. saya mau tanya. saya baru ambil motor bekas plat motor F Bogor Kota dan saya KTP Bogor kabupaten. apa harus mutasi atau bisa sekedar balik nama? terima kasih

    BalasHapus